Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2021, 12:43 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI), Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Ristek menggelar Ajang Kreasi dan Apresiasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (AKA-PDBK) HDI pada 4 November 2021.

Ajang yang digelar 21 November 2021 ini diikuti 543 total peserta, terdiri atas kategori tunanetra diikuti 88 siswa, kategori tunarungu 260 siswa, kategori tunagrahita 177 siswa, kategori tunadaksa 31 siswa, kategori autis 44 siswa, dan kategori tunaganda 3 siswa.

“Selamat kepada kalian yang telah menjadi juara pada AKA-PDBK tahun ini. Bagi yang belum menjadi juara, sebetulnya kalian sudah menjadi juara karena kalian telah mengalahkan diri kalian untuk bermalas-malasan kemudian bersungguh-sungguh berlatih secara terus menerus dan berani membuktikan diri,” ungkapAsep Sukmayadi, Plt. Kepala Puspresnas.

Pagelaran AKA-PDBK, kata Asep Sukmayadi, merupakan upaya menciptakan kecerdasan kehidupan bangsa dengan menghadirkan pendidikan yang berkualitas dan merata terutama bagi peserta didik berkebutuhan khusus.

“Kita ingin memberikan kesempatan yang luas kepada adik-adik PDBK untuk turut berpartisipasi. Kita menyadari bahwa keterbatasan bukan berarti tidak bisa berkarya karena dibalik keterbatasan ada potensi yang luar biasa,” ujar Asep Sukmayadi.

“Adik-adik di sini merupakan sumber inspirasi dan kita bangga karena kalian tentunya sudah memiliki cita-cita dan berkehendak untuk bisa bermanfaat bagi diri kita dan bagi orang lain,” tambah Asep Sukmayadi.

Baca juga: Hari Disabilitas Internasional: Mencegah Perundungan di Sekolah Inklusi

Penampil terbaik dan beasiswa

Kemendikbudristek memberikan apresiasi dan penghargaan kepada enam penampil terbaik pada bidang seni, olah raga, keterampilan, dan karya nyata lainnya pada lima kategori yaitu kategori tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, dan autis.

Berikut daftar siswa penerima penghargaan:

Kategori tunanetra

  • Siti Nurazizah (SLB A Budi Nurani, Jawa Barat)
  • Syipa Aulia (SLB A Budi Nurani, Jawa Barat)
  • Diah Ayu Putri Maharani (SLB Negeri Surakarta, Jawa Tengah)
  • Yenny Melania Alicia (SLB A Elsafan, DKI Jakarta)
  • Fedya Jelila (SKH Negeri 01 Kota Serang, Banten)
  • Ahmad Subhan (SLB Negeri Kalirejo Bojonegoro, Jawa Timur)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com