Kompas.com - 19/11/2021, 06:37 WIB
Gejala Asam Lambung Naik
KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoGejala Asam Lambung Naik
|

KOMPAS.com - Ada banyak faktor pemicu asam lambung naik. Apa saja itu? Ternyata, stres adalah salah satu penyebabnya.

Dalam Bedah Buku Comprehensive Biomedical Science: Sistem Gastrointestinal Hepatobilier, Pankreas, Kamis (18/11/2021), praktisi dan dokter spesialis penyakit dalam RSUP Sardjito, Dr. dr. Neneng Ratnasari, SpPD., memberikan penjelasan.

Menurutnya, penyakit asam lambung erat kaitannya dengan kondisi stres dan kecemasan. Tidak semua dipicu oleh faktor makanan atau gangguan pada lambung.

Baca juga: Dokter RSA UGM: Ini Cara Deteksi Dini Kanker Paru

"Semua harus ada pemeriksaan penunjang. Sebagai dokter, kami harus menganamnesis dan harus ada pembuktian," ujarnya seperti dikutip dari laman Universitas Gadjah Mada (UGM).

Jadi, jika ada yang sering mengalami sakit di ulu hati, mual atau nyeri di perut yang disebabkan oleh asam lambung? Maka ya segeralah periksa ke dokter.

Sebab, kenaikan asam lambung yang berlebihan dipicu oleh banyak faktor diantaranya faktor stres, pola makan yang tidak teratur dan kondisi dinding lambung yang mengalami kerusakan.

Namun demikian, keberadaan asam lambung tetap diperlukan oleh tubuh untuk memulai proses pencernaan serta membunuh bakteri patogen yang masuk ke lambung.

Dokter Neneng sering menjumpai pasien dengan kondisi anatomis lambung yang cukup baik, namun sering mengalami kenaikan jumlah asam lambung berlebihan yang disebabkan oleh tingkat kecemasan yang tinggi.

Penyebab asam lambung naik

Tak hanya faktor stres dan cemas, yang lain ialah:

1. Kebiasaan pola makan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.