Kompas.com - 08/11/2021, 09:40 WIB

KOMPAS.com - Bagi kamu yang akan segera lulus SMA, mempertimbangkan jurusan kuliah perlu dilakukan dengan pertimbangan matang karena dapat mempengaruhi arah karier di masa depan.

Sejumlah jurusan populer seperti kedokteran, komunikasi, ekonomi, maupun teknik kerap menjadi pilihan. Padahal, masih banyak jurusan dengan prospek kerja luas tapi masih jarang diminati.

Meski sejumlah jurusan sepi peminat, kebanyakan dari lulusannya justru memiliki peluang kerja besar dan digaji tinggi.

Merangkum laman Ruangguru, berikut 7 jurusan kuliah sepi peminat dengan peluang kerja besar:

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang

1. Jurusan Astronomi

Jurusan Astronomi termasuk jurusan yang tak begitu banyak peminat karena dianggap sulit dan banyak yang belum mengetahui prospek kerjanya.

Di jurusan ini kamu akan mengamati benda-benda langit, antara lain bintang, planet, komet, nebula, gugus bintang, atau galaksi. Kamu juga akan belajar fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer bumi.

Setelah lulus dari jurusan ini kamu bisa bekerja di lembaga yang menjanjikan seperti LAPAN, BMKG, observatorium, NASA atau bahkan astronot dengan gaji yang tinggi.

ITB merupakan satu-satunya universitas dengan jurusan astronomi di Asia Tenggara.

2. Jurusan Kehutanan

Tahukah kamu bahwa Presiden Joko Widodo adalah lulusan Fakultas Kehutanan UGM? Walaupun sepi peminat, jurusan ini punya peluang kerja yang besar.

Baca juga: Telkom University Buka Beasiswa S1 Tahun 2022, Bebas Biaya Pendidikan

Indonesia adalah negara tropis dengan hutan yang membentang luas. Tak sedikit instansi konservasi hutan yang membutuhkan tenaga dan pengetahuan dari lulusan jurusan Kehutanan untuk mengelola kawasan hutan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.