Kompas.com - 03/11/2021, 19:12 WIB
Program Kampus Merdeka Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Dok. UMNProgram Kampus Merdeka Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

KOMPAS.com - Sebagai salah satu bentuk implementasi program Kampus Merdeka, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) kini mengembangkan mata kuliah khusus untuk pembelajaran Data Science di dalam koordinasi Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Informatika.

Dalam program ini, UMN membuka kesempatan kolaborasi dengan Perguruan Tinggi lain dan mahasiswa di seluruh Indonesia untuk mengikuti mata kuliah bidang Data Science, di antaranya Data Analysis, Probability and Statistics, Database Systems, Deep Learning, Data Warehouse, Data Modeling, dan Data Visualization dengan mekanisme pertukaran pelajar.

Program ini bersifat gratis dan dapat diikuti oleh semua mahasiswa. Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta memiliki kesempatan untuk bermitra dengan UMN.

Baca juga: 14 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Indonesia 2022 Versi QS AUR

Wakil Rektorat Bidang Administrasi Umum dan Keuangan UMN, Andrey Andoko mengajak mahasiswa dari berbagai Universitas untuk mengembangkan kemampuan Data Science, yang makin banyak dibutuhkan industri.

"Melalui program Kampus Merdeka, UMN mengajak mahasiswa dari berbagai Universitas untuk mengembangkan kemampuan Data Science, yang makin banyak dibutuhkan industri," tutur Andrey dalam keterangan tertulis, Rabu (3/11/2021).

Dimulai semester genap 2021/2022

Kegiatan pembelajaran dalam mata kuliah yang ditawarkan dalam program pembelajaran Data Science akan dimulai pada semester genap tahun akademik 2021/2022.

Dengan konsep gabungan antara asynchronous dan synchronous learning, mahasiswa akan diberikan akses untuk mempelajari materi dari dosen secara langsung dan juga melalui modul interaktif yang telah disusun oleh para pakar yang terdiri dari akademisi dan juga praktisi industri.

Baca juga: Cerita Horor Mahasiswa di 9 Kampus Indonesia, Ada Kampus Kamu?

Proses penyusunan modul interaktif ini pun didukung oleh program Matching Fund Kedaireka Kementerian Pendidikan , Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) tahun 2021.

Modul-modul yang nantinya akan ditempatkan pada platform DQLab akan bersifat interaktif sehingga pengguna dapat langsung mempraktekkan materi yang dipelajari pada modul dan menguji kompetensi melalui quiz dan project.

Dataset yang digunakan pada platform DQLab memiliki kompleksitas sesuai dengan data yang ditemui pada industri sehingga pengguna nantinya memiliki kemahiran dan terbiasa dengan kasus yang mungkin ditemui di industri dan dapat mengimplementasikan teknik pengolahan data yang tepat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.