Kompas.com - 03/11/2021, 17:09 WIB

KOMPAS.com - Melanjutkan pendidikan tinggi di Amerika Serikat masih menjadi pilihan bagi sebagian besar pelajar seluruh dunia termasuk Indonesia. Pasalnya, 28 dari 50 universitas terbaik di dunia berada di Negeri Paman Sam.

Selain itu, ada banyak perusahaan besar yang membuka peluang karier bagi mahasiswa internasional yang berkuliah di sana, sebut saja Apple, Amazon, Facebook, dan Google.

Belum lagi, semakin hari semakin banyak universitas di Amerika Serikat yang menawarkan beasiswa bagi pelajar terbaik, termasuk pelajar Indonesia.

Namun, bila tanpa beasiswa, berapakah biaya yang dibutuhkan untuk kuliah di Amerika Serikat? Merangkum laman platform pendidikan Quipper, berikut kisarannya:

Baca juga: Beasiswa S1 Oxford-Cambridge 2022, Kuliah Gratis dan Tunjangan Hidup

Biaya Kuliah di Amerika Serikat

Biaya kuliah di Amerika berada pada kisaran antara USD 15.000 sampai dengan USD 55.000 per tahun. Jika dikonversi, maka setara dengan Rp 214 juta hingga Rp 780 juta per tahun tergantung jurusan dan kampus yang dipilih.

Selain biaya pokok kuliah, kamu juga harus mempersiapkan budget untuk asuransi yang biasanya berjumlah USD 1.000 per tahun (sekitar Rp 14 juta), lalu belanja untuk keperluan referensi berupa buku dan bahan lainnya yang berkisar USD 500 hingga USD 1.500 (sekitar Rp 21 juta) setiap tahun.

Di luar biaya pokok kuliah, kamu bisa mengatur sendiri biaya hidupmu. Mengutamakan gaya hidup sederhana akan sangat membantu dalam berhemat.

Lalu, dalam rangka menambah penghasilan untuk belanja harian, kamu bisa bekerja part time yang durasi kerjanya diatur karena visa yang dipegang adalah visa pelajar.

Selain itu, kesempatan untuk mendapat beasiswa bagi mahasiswa asing di Amerika juga terbuka lebar. Ini sangat dapat meringankan biaya kuliah maupun biaya hidup. Bahkan, ada beasiswa yang menanggung penuh biaya pendidikan hingga hidup.

Baca juga: Cara Belajar Jan Meyer, Peraih IPK Tertinggi ITB 2021

Informasi seputar beasiswa tersebut bisa kamu akses lewat pihak administrasi kampus atau website universitas.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.