Kompas.com - 01/11/2021, 14:17 WIB
Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-34 tahun 2021 Dok. Humas UNSPekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-34 tahun 2021

KOMPAS.com - Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-34 tahun 2021 telah berlangsung di Universitas Sumatera Utara (USU) pada 25-29 Oktober 2021. Pimnas 2021 diikuti sebanyak 735 tim dari 108 perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa yang ikut sebanyak 3.126 orang.

Pimnas merupakan kompetisi bergengsi mahasiswa tingkat nasional yang diselenggarakan setiap tahun oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Pimnas mempertandingkan sembilan kategori Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Kesembilan kategori ini adalah PKM-Gagasan Futuristik Konstruktif, PKM-Gagasan Tertulis, PKM-Kewirausahaan, dan PKM-Karsa Cipta.

Baca juga: Cerita Horor Mahasiswa di 9 Kampus Indonesia, Ada Kampus Kamu?

Berikutnya, ada kategori PKM-Karya Inovatif, PKM-Penerapan Iptek, PKM-Pengabdian Masyarakat, PKM-Riset Sains, dan PKM-Riset Sosial.

Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali menjadi juara umum dengan raihan 54 medali. Capaian ini membuat UGM mampu mempertahankan posisi sebagai juara bertahan Pimnas selama empat tahun berturut-turut sejak 2018.

 

Sementara itu, IPB University berhasil meraih Peringkat 2 Nasional. IPB University berhasil meraih 7 penghargaan setara emas, 3 penghargaan setara perak, dan 5 penghargaan setara perunggu pada kategori poster. Sedangkan pada kategori presentasi, IPB University berhasil meraih 7 penghargaan setara emas, 4 penghargaan setara perak, 4 penghargaan setara perunggu, dan 1 juara favorit.

Lalu, sebanyak 59 kontingen dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) pun sukses menempatkan ITS sebagai juara umum ke-3, naik satu peringkat dari tahun sebelumnya.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti bagi Lulusan SMA-SMK, D1-D3 dan S1, Yuk Daftar

Berikut daftar 10 kampus terbaik nasional berdasarkan peringkat di ajang Pimnas ke-34 tahun 2021:

1. Universitas Gadjah Mada

2. Institut Pertanian Bogor

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.