Kompas.com - 01/11/2021, 13:27 WIB
Provinsi Jawa Tengah dinobatkan sebagai provinsi dengan raihan medali terbanyak dalam bidang lomba yang dikompetisikan pada LKSN SMK dalam perhelatan yang berlangsung 25?30 Oktober 2021, DOK. PUSPRESNASProvinsi Jawa Tengah dinobatkan sebagai provinsi dengan raihan medali terbanyak dalam bidang lomba yang dikompetisikan pada LKSN SMK dalam perhelatan yang berlangsung 25?30 Oktober 2021,

KOMPAS.com – Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Ristek terus mengasah talenta emas nasional berkelanjutan di antaranya melalui Lomba Kompetensi Siswa Nasional (LKSN) 2021 secara daring bagi siswa SMK maupun Peserta Didik Berkebutuhan Khusus.

Dalam perhelatan yang berlangsung 25–30 Oktober 2021, Provinsi Jawa Tengah dinobatkan sebagai provinsi dengan raihan medali terbanyak dalam bidang lomba yang dikompetisikan pada LKSN SMK.

Provinsi ini meraih 16 medali emas, 13 medali perak, dan 4 medali perunggu. Sementara itu, dalam bidang lomba PDBK, provinsi Jawa Tengah juga meraih predikat peraih medali terbanyak dengan perolehan 4 medali emas dan 2 medali perunggu.

Dirjen Pendidikan Vokasi (Diksi) Wikan Sakarinto, menyampaikan Presiden Jokowi dan Mendikbud Ristek selalu menekankan pentingnya pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya bidang vokasi menuju generasi Indonesia Emas 2045.

“Lomba ini adalah wadah untuk mengasah keterampilan. Masa depan kalian masih panjang, selamat untuk yang menjadi juara ataupun yang belum menjadi juara. Kita buktikan bonus demografi akan menjadi sebuah keuntungan bukan menjadi beban," ujar Wikan (29/10/2021).

"Kalian akan menjadi tenaga ahli bahkan pemimpin yang terampil bidang vokasi untuk selanjutnya membawa Indonesia unggul di mata dunia,” pungkas Dirjen Wikan.

Dari pameran hingga job matching

Senada dengan itu, Plt. Kepala Puspresnas Asep Sukmayadi dalam laporan pelaksanaan kegiatan mengungkapkan kegembiraannya melihat antusiasme peserta kompetisi meski secara daring.

Dia mengatakan, tema yang diusung oleh LKS SMK tahun 2021 yaitu “Bersama Talenta SMK Berprestasi, Melangkah Pasti Membangun Negeri”, sedangkan untuk LKSN PDBK tahun 2021 mengangkat tema “Berinovasi untuk Kebangkitan Negeri.

Baca juga: LKSN 2021 Siswa Berkebutuhan Khusus, Dewan Juri: Anak-anak Kita Hebat!

 

Tahun ini LKSN 2021 diikuti 1.074 siswa dari 34 provinsi di 1.023 kabupaten/kota serta 1.068 sekolah, sedangkan LKSN PDBK, peserta yang mengikuti lomba adalah sebanyak 265 siswa.

“Melihat itu semua, kita meyakini bahwa tujuan lomba ini dapat tercapai, yakni lahir dan terpilihnya talenta terbaik di bidang vokasi yang akan menjadi inspirasi untuk teman sebayanya di seluruh Indonesia,” tutur Asep.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.