Kompas.com - 31/10/2021, 12:33 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com – Penelitian dan inovasi yang dilakukan para akademisi makin membawa kemajuan bagi peradaban manusia.

Dari hal yang dianggap sudah tidak berguna, bisa diolah kembali dan menghasilkan sesuatu produk bermanfaat.

Bahkan dari penelitian-penelitian yang belum pernah dilakukan orang lain bisa membawa prestasi tersendiri.

Seperti yang diraih para mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Mereka mengolah ekstrak kulit mangga sebagai inhibitor organik untuk mencegah korosi pada baja karbon rendah jenis ASTM A36.

Baca juga: Anak Usaha Kalbe Farma Buka Lowongan Kerja Lulusan D3-S1, Ayo Daftar

Raih medali perak di Taiwan

Berkat gagasan para mahasiswa yang tergabung dalam tim Platinum ITS ini berhasil meraih prestasi membanggakan di kancah internasional. Mereka menyabet medali perak di ajang Taiwan Innotech Expo 2021, Jumat (29/10/2021).

Tim Platinum ITS terdiri dari Mohamad Ikbal Pangestu, Miftah Eka Andrayani Wangsa, Eka Wahyu Muliana, dan Kamila Zahranisa. Mereka berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan mengalahkan kurang lebih 100 tim dari 12 negara pada perlombaan yang diadakan pemerintah Taiwan ini.

Ketua tim Mohamad Ikbal Pangestu menjelaskan, sampah organik yang dibiarkan begitu saja dapat merusak lingkungan karena reaksi pembusukan.

Dengan memanfaatkan ekstrak kulit mangga menjadi inhibitor organik bisa mencegah korosi pada baja karbon ASTM A36 yang banyak digunakan pada industri perminyakan dan perkapalan.

"Adanya inovasi ini, dapat mengatasi permasalahan utama pada penggunaan baja, yaitu terjadinya korosi akibat air laut (NaCl)," kata Ikbal seperti dikutip dari laman ITS, Minggu (31/10/2021).

Baca juga: KPP Mining Buka 8 Lowongan Kerja Lulusan SMA/SMK-S1, Yuk Daftar

Tim yang terdiri dari mahasiswa Departemen Kimia ITS ini memilih kulit mangga karena mengandung banyak senyawa organik, yaitu senyawa flavonoid yang termasuk dalam senyawa antioksidan.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.