Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fresh Graduate, Ini Cara Kirim Email Lamaran Kerja Pasti Dilirik HRD

Kompas.com - 28/10/2021, 14:47 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi lulusan baru atau fresh graduate, tentu sudah memiliki rencana apa yang dilakukan setelah menyelesaikan studinya.

Bisa langsung mencari pekerjaan atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Bagi fresh graduate yang hendak mencari pekerjaan, tentu harus paham bagaimana menyusun lamaran, mengirim email hingga membuat sebuah curriculum vitae (CV) yang baik.

Dua hal ini jangan disepelekan karena menjadi kesan pertama yang ditangkap bagian HRD dan juga merupakan bahan mengevaluasi kompetensi dan bakat dari pelamar.

Merangkum dari salah satu platform edukasi di Instagram @masukkampus, Kamis (28/10/2021), membeberkan cara jitu kirim email lamaran kerja yang pasti dilirik bagian HRD.

Baca juga: Jurusan Kedokteran Hewan, Ini Info Kuliah dan Prospek Kerjanya

Cara jitu kirim email lamaran kerja

1. Gunakan email profesional

Mempunyai beberapa akun email menjadi hal yang biasa. Namun saat ingin mengirim email lamaran kerja, usahakan menggunakan email dengan nama formal.

Hindari menggunakan alamat email misalnya yafi_y4m3kud4s1@gmail.com. Akan lebih baik menggunakan alamat email formal misalnya yudhipratama@gmail.com.

2. Tulis subyek email dengan jelas

Saat mengirim email lamaran, pastikan kamu mencantumkan subyek email yang singkat, padat dan jelas. Karena hal ini merupakan impresi pertama bagi rekruter.

Biasanya ada beberapa rekruter yang memberikan format khusus penulisan subyek email sesuai posisi pekerjaan yang kamu lamar atau instruksi lainnya yang diminta rekruter.

Baca juga: Dosen Itera Dampingi Pengembangan Agroforestry Alpukat Siger

3. Tulis body email dengan baik

Tanpa body email, bagaimana cara rekruter menilai kemampuan dan kepribadian para kandidatnya.

Jadi jangan lupa untuk menyampaikan bagian salam, pembuka, isi dan penutup dengan baik. Selain itu kamu juga harus menggunakan bahasa formal.

4. Perhatikan nama file yang digunakan

Biasanya kamu akan melampirkan beberapa file pada bagian attachment. Banyaknya file yang dilampirkan ini juga tergantung permintaan dari pihak rekruter. Namun perlu diingat, beri nama file dengan judul yang pantas dan sesuai ya.

Hindari menggunakan nama file seperti doc1.pdf. Akan lebih baik jika file diberi keterangan sesuai isinya. misalnya CV Yudhi Pratama - Marketing Communication.

Baca juga: Tertarik Jadi Pengusaha Kuliner, 7 Jurusan Kuliah Ini Jadi Pilihan

Itulah 4 cara jitu mengirim email lamaran kerja yang pasti dilirik bagian HRD. Selain memperhatikan cara mengirim email lamaran kerja dengan baik, CV juga harus dibuat secara optimal ya. Apalagi jika CV yang dibuat mencantumkan banyak prestasi hingga pengalaman berorganisasi akan memperbesar peluang diterima di perusahaan incaranmu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com