Kompas.com - 28/10/2021, 14:47 WIB
Ilustrasi surat lamaran kerja SHUTTERSTOCK/FizkesIlustrasi surat lamaran kerja
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Bagi lulusan baru atau fresh graduate, tentu sudah memiliki rencana apa yang dilakukan setelah menyelesaikan studinya.

Bisa langsung mencari pekerjaan atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Bagi fresh graduate yang hendak mencari pekerjaan, tentu harus paham bagaimana menyusun lamaran, mengirim email hingga membuat sebuah curriculum vitae (CV) yang baik.

Dua hal ini jangan disepelekan karena menjadi kesan pertama yang ditangkap bagian HRD dan juga merupakan bahan mengevaluasi kompetensi dan bakat dari pelamar.

Merangkum dari salah satu platform edukasi di Instagram @masukkampus, Kamis (28/10/2021), membeberkan cara jitu kirim email lamaran kerja yang pasti dilirik bagian HRD.

Baca juga: Jurusan Kedokteran Hewan, Ini Info Kuliah dan Prospek Kerjanya

Cara jitu kirim email lamaran kerja

1. Gunakan email profesional

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mempunyai beberapa akun email menjadi hal yang biasa. Namun saat ingin mengirim email lamaran kerja, usahakan menggunakan email dengan nama formal.

Hindari menggunakan alamat email misalnya yafi_y4m3kud4s1@gmail.com. Akan lebih baik menggunakan alamat email formal misalnya yudhipratama@gmail.com.

2. Tulis subyek email dengan jelas

Saat mengirim email lamaran, pastikan kamu mencantumkan subyek email yang singkat, padat dan jelas. Karena hal ini merupakan impresi pertama bagi rekruter.

Biasanya ada beberapa rekruter yang memberikan format khusus penulisan subyek email sesuai posisi pekerjaan yang kamu lamar atau instruksi lainnya yang diminta rekruter.

Baca juga: Dosen Itera Dampingi Pengembangan Agroforestry Alpukat Siger

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.