Kompas.com - 28/10/2021, 09:34 WIB
Ilustrasi wisuda KOMPAS.COM/ShutterstockIlustrasi wisuda

KOMPAS.com - Ada banyak jalur penerimaan mahasiswa baru yang bisa kamu tempuh di tahun 2022. Jalur ini bisa kamu pilih untuk bisa kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), Politeknik Negeri (PN) serta Sekolah Kedinasan.

Jalur tersebut menggunakan nilai rapor sebagai salah satu poin penilaian dalam penerimaan mahasiswa baru. Dengan demikian, persiapkan nilai rapor terbaikmu dari sekarang.

Berikut jalur penerimaan mahasiswa baru yang menggunakan nilai rapor, merangkum laman Quipper Campus:

Baca juga: Daftar 86 PTN di SNMPTN dan SBMPTN, Mana Pilihanmu?

1. SNMPTN

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dan/atau portofolio calon mahasiswa.

Pendaftaran SNMPTN biasanya dilakukan pada awal tahun, yakni sekitar Januari-Februari 2022. Terbuka untuk jenjang D4-S1 baik dari PTN maupun Politeknik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagi siswa kelas 12 atau calon pendaftar SNMPTN 2022, sudah saatnya mempertimbangkan jurusan dan PTN yang akan dipilih.

2. SNMPN

Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) merupakan seleksi jalur undangan yang diperuntukkan bagi siswa yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi bidang vokasi atau politeknik dan politani negeri di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga: 8 Perguruan Tinggi Kedinasan Tak Kalah Keren dari PTN, Lulus Jadi CASN

Mulai 2021, SNMPN diperuntukkan bagi jenjang pendidikan Diploma 3 (D3) saja. Sedangkan Jenjang Pendidikan Sarjana Terapan atau Diploma 4 (D4) dimasukkan ke jalur SNMPTN oleh LTMPT.

Pendaftaran SNMPN bisanya dilakukan pada Januari-Maret.

3. SPAN PTKIN

Jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.