Kompas.com - 28/10/2021, 11:16 WIB
Ditjen Diksi Lepas Peserta Magang ke Hungaria Dok. Kemendikbud RistekDitjen Diksi Lepas Peserta Magang ke Hungaria

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi) mendorong sekaligus mewadahi mahasiswa menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja.

Salah satunya adalah dengan membuka kesempatan bagi mahasiswa Indonesia magang/parktik kerja di perusahaan di Hungaria, yaitu Gémtech, Ltd, Bio Fungi, dan Markija.

“Kita mendorong anak-anak vokasi bisa (perform) ke level internasional,” tutur Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi), Wikan Sakarinto seperti dirangkum dari laman Kemendikbud Ristek, Kamis (28/10/2021).

Baca juga: Telkom University Buka Beasiswa S1 Tahun 2022, Bebas Biaya Pendidikan

Saat ini, ada 10 perusahaan lagi dari Hungaria yang membutuhkan sekitar 20-30 kebutuhan pemagang dari Indonesia.

Artinya, sekitar 200-300 mahasiswa rencananya akan diberangkatkan kembali untuk tahap selanjutnya. Oleh karena itu, Kemendikbud Ristek berpesan agar para mahasiswa memanfaatkan peluang ini untuk menunjukkan kompetensi, sikap kerja, dan moral yang terbaik. Menurutnya, ini adalah kesempatan untuk mengenal industri berskala internasional.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anak-anak vokasi, jelas Wikan, harus memiliki pengalaman bekerja tidak hanya di tingkat nasional namun juga internasional yang mencakup kompetensi nonteknis (soft skills), kompetensi teknis (hard skills), kepemimpinan (leadership), sikap (attitude).

Lebih lanjut, Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Heru Dewanto mengatakan, program magang ini memiliki dua fondasi. Pertama adalah fondasi hukum ekonomi, yakni pasokan dan permintaan (supply and demand).

“Ada permintaan dari Hungaria karena negara tersebut sedang berkembang dan membutuhkan tenaga vokasi. Di sisi lain, di Indonesia, pendidikan vokasi sedang digalakkan,” katanya.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti bagi Lulusan SMA-SMK, D1-D3 dan S1, Yuk Daftar

Kedua, fondasi akademik. Program ini adalah bagian dari bidang politeknik, pengalaman kerja magang di Hungaria selama 1-2 semester adalah bagian dari SKS baik di politeknik maupun sekolah vokasi.

“Jadi anda-anda tidak hilang waktunya untuk bekerja melainkan dengan bekerja (magang) di sana, akan mendapat SKS dari sekolah Anda,” paparnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.