Kompas.com - 26/10/2021, 13:51 WIB
Ilustrasi osteoporosis, kualitas tulang menurun pada lansia. Gejala osteoporosis seringkali tidak terdeteksi. Perempuan rentan mengalami osteoporosis. ShutterstockIlustrasi osteoporosis, kualitas tulang menurun pada lansia. Gejala osteoporosis seringkali tidak terdeteksi. Perempuan rentan mengalami osteoporosis.
|

KOMPAS.com - Selama lebih dari satu tahun ini, pandemi Covid-19 masih ada. Tentu menjadikan masyarakat lebih banyak melakukan aktivitas dari rumah.

Tetapi, banyak pula masyarakat yang menjadi malas bergerak atau aktivitas fisik menjadi kurang. Ada pula yang menjadikan kebiasaan makan jadi tidak sehat.

Dari itu semua justru menjadi faktor risiko yang besar untuk seseorang mengalami osteoporosis.

Baca juga: Pakar Unair: Ini Cara Cegah Osteoporosis

Karena itu, masyarakat tetap perlu melakukan latihan fisik selama di rumah, terutama fokus pada penguatan dan peregangan tulang maupun keseimbangan.

Melansir laman Universitas Airlangga (Unair), Selasa (26/10/2021), dokter RSUA dr. Udria Satya Pratama, Sp.OT., mengatakan bahwa malas gerak menjadi faktor risiko seseorang untuk terkena osteoporosis, hal itu dikarenakan tulang perlu dilatih agar tidak mengalami penipisan.

"Tulang itu hampir sama seperti otot, jadi kalau tidak dilatih dia akan menipis. Sama kayak otot kita, kalau lama tidak dibuat bergerak ya jadi kendor," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut dia, ada tiga aktivitas fisik yang dapat dilakukan selama pandemi, dan ketiga aktivitas tersebut harus dilakukan secara seimbang.

Strength exercise

Strength exercise merupakan latihan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan kekuatan otot.

Tapi tak hanya itu, latihan ini juga membantu meningkatkan keseimbangan tubuh. Contoh dari latihan ini adalah push up, angkat barbel.

Baca juga: Dokter RSA UGM: Yuk Kenali Gejala Stroke

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.