Kompas.com - 26/10/2021, 11:05 WIB
Ilustrasi. PIXABAY.COM/ GERD ALTMANNIlustrasi.
|

KOMPAS.com - Beberapa kampus atau perguruan tinggi mulai menyelenggarakan kuliah tatap muka. Tentu hal ini menjadi angin segar bagi para mahasiswa.

Untuk itulah, semua harus menyiapkan diri dengan baik. Termasuk seorang dosen juga harus bersikap ramah kepada mahasiswanya.

Tentu, sikap ramah seorang dosen kepada mahasiswa akan mendorong dan menjadikan mahasiswa termotivasi di dalam proses menempuh perkuliahan.

Baca juga: Datang Pertama ke Unej, Mahasiswi Ini Kaget Kampusnya Seperti Hutan

Karena jika wajah cemberut dosen ataupun sikap yang tidak ramah saat melakukan bimbingan akademik justru akan mematahkan semangat mereka.

Demikian diungkapkan KH. D. Zawawi Imron (Budayawan) saat mejadi pemateri dalam acara Training Motivasi Kerja di Lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jember (Unej), Kamis (21/10/2021).

"Penting bagi seorang dosen atau tenaga pendidik untuk memiliki hati yang iklas di dalam melayani para mahasiswa," ujarnya dikutip dari laman Unej.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Karena sikap yang ramah hanya akan terlahir dari hati yang iklas dan jiwa yang bersih," imbuh Zawawi Imron.

Menurutnya, tugas seorang dosen tidak hanya melahirkan generasi yang ilmiah. Namun, dosen juga bertanggung jawab dalam melahirkan generasi yang berahklakul karimah.

Adapun acara itu mengusung tema "Peningkatan Kualitas Layanan Prima Melalui Nilai-Nilai Spiritual".

Oleh karena itu dosen harus memberikan layanan yang baik. Mereka harus memberikan teladan yang bagus bagi para mahasiswa.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.