Kompas.com - 25/10/2021, 19:37 WIB
Ilustrasi wisudawan IPB University. DOK.Laman IPBIlustrasi wisudawan IPB University.

KOMPAS.com - Dalam upaya mengnyinergikan pendidikan vokasi dengan dunia industri guna meningkatkan penyerapan lulusan, Sekolah Vokasi IPB University siap membuka program sarjana terapan.

Program ini melibatkan tiga program studi yaitu Program Studi Manajemen Agribisnis, Manajemen Informatika dan Teknik Komputer.

Hal tersebut dipaparkan dalam lokakarya kurikulum berbasis Industri dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang berlangsung di dilaksanakan di IPB International Convention Center, beberapa waktu lalu.

Kegiatan Lokakarya ini meliputi arahan pengembangan dan kebijakan program sarjana terapan di IPB University, pemaparan rancangan kurikulum sarjana terapan bidang manajemen agribisnis, kebutuhan sarjana terapan berbasis kompetensi pada perusahaan agribisniis, serta penyiapan kompetensi sarjana terapan sesuai kebutuhan perusahaan agribisnis.

Baca juga: Beasiswa S2 Jepang 2022, Kuliah Gratis dan Tunjangan Rp 18 Juta Per Bulan

Lokakarya dilakukan melalui program Dana Kompetitif Kampus Vokasi (Competitive Fund Vokasi) Pengembangan Program Sarjana Terapan Berbasis Industri/PSTBI (Peningkatan Diploma Tiga Menjadi Sarjana Terapan) dari Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rektor IPB University, Arif Satria mengungkapkan penting adanya perkawinan antara kampus dan industri.

“Menghadirkan suasana industri di kampus akan membuat mahasiswa terbiasa dan tidak kaget ketika nantinya lulus dan bekerja," ujarnya seperti dilansir dari laman IPB.

Lebih lanjut Arif menerangkan, dalam beberapa hal IPB memang unggul, tetapi harus banyak belajar dari industri.

Hal ini, lanjut dia, bertujuan agar bisa meningkatkan kompatibilitas dari sisi kurikulum dan proses sehingga lulusan IPB University memiliki koneksi yang bagus dengan industri.

Baca juga: Peneliti IPB: Jahe, Kunyit, dan Temulawak Bisa Obati 30 Jenis Penyakit

“Jadi perkawinan antara kampus dan industri ini sudah diminta oleh pak menteri dan kita ajukan. Saya rasa, Sekolah Vokasi memiliki andil yang luar biasa dalam proses merdeka belajar dan hubungan industrial. Semoga program ini bisa memperkuat sisi proaktif, positive thinking, leadership dan kreativitas mahasiswa,” pungkasnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.