Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Bersiap, IISMA 2022 Kemendikbud Bakal Gandeng Kampus Top Dunia

Kompas.com - 21/10/2021, 18:15 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Melalui program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2021, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar negeri selama satu semester.

Kemendikbud Ristek menyatakan akan terus berupaya untuk menjaga keberlanjutan program agar mahasiswa lain dapat turut berkesempatan merasakan pengalaman pembelajaran di perguruan tinggi terkemuka di luar negeri.

Koordinator Program Subpokja IISMA, Andi Rahadiyan Wijaya mengatakan Kemendikbud Ristek melalui Subpokja IISMA Kampus Merdeka akan meningkatkan kualitas dari perguruan tinggi yang menjadi mitra IISMA.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti bagi Lulusan SMA-SMK, D1-D3 dan S1, Yuk Daftar

Program IISMA 2022, jelas dia, akan mengejar negara-negara yang lebih luas dan universitas yang masuk dalam top 100 kelas dunia.

Ia juga menjelaskan, program ini merupakan suatu program student mobility, di mana mahasiswa Indonesia di semester empat sampai enam bisa mendapatkan beasiswa yang memungkinkan mereka untuk mengambil mata kuliah di universitas top dunia.

Berbeda dengan program-program pelajar yang lain, mahasiswa dapat mempelajari mata kuliah yang tidak mesti linear dengan program studinya.

“Kita mengejar bahwa universitas yang bisa berpartisipasi sebagai partner IISMA itu adalah yang harus ranking 5 besar di negaranya atau dia merupakan top 100 berdasar QS World University Ranking 2022, sehingga fokus tahun depan kita mungkin akan masih mengirimkan 1.000 mahasiswa tetapi kualitas dari mitra kita itu menjadi lebih baik,” katanya seperti dirangkum dari laman Kemendikbud Ristek, Kamis (21/10/2021).

Baca juga: Cerita Latissa Bisa Kuliah Gratis di Eropa, Ikut Program Kemendikbud Ristek

2.500 mahasiswa mendaftar IISMA 2021

Andi menyebut terdapat sekitar 2.500 mahasiswa yang sudah mendaftar IISMA dan berasal dari 172 perguruan tinggi Indonesia.

Adapun penerima beasiswa itu untuk saat ini sebanyak 970 mahasiswa dari 98 perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Sementara itu, Ketua Pokja Kampus Merdeka Ditjen Diktiristek, Muhammad Setiawan menambahkan 970 mahasiswa penerima beasiswa IISMA saat ini sudah berangkat dan menempuh studi ke sekitar 39 perguruan tinggi dan 30 negara tujuan di seluruh dunia.

“Secara total ada sekitar 970 mahasiswa dari 98 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia yang sudah lolos dan sudah dikirimkan dalam waktu singkat dalam kondisi pandemi. Mereka sudah berangkat semua ke negara tujuan baik di Eropa, Asia, maupun Amerika,” ungkapnya.

Baca juga: Cerita Daniya Kuliah Gratis di Irlandia Lewat Program Kampus Merdeka

Setiawan juga menyampaikan harapan serta meminta dukungan dari DPR RI terkait antusiasme yang sangat tinggi terhadap program Kampus Merdeka.

“Tentunya program ini diharapkan akan terus berlangsung, program-program ini dan juga bisa diikuti oleh mahasiswa selama kurang lebih dua semester yang dibagi menjadi satu semester dan juga bisa dikonversikan dan diharapkan dukungan stakeholder dari DPR tentunya dan antusiasme mahasiswa yang mendapatkan manfaat dari program ini, sehingga program ini dapat berlangsung secara terus-menerus,” lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com