Kompas.com - 18/10/2021, 06:04 WIB
Kondisi terkini MTs Harapan Baru di Komplek Pondok Pesantren Cijantung Ciamis pasca kejadian 11 siswanya meninggal saat acara susur sungai Pramuka di Sungai Cileueur, Cijeunjing, Ciamis, Sabtu (16/10/2021). KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHAKondisi terkini MTs Harapan Baru di Komplek Pondok Pesantren Cijantung Ciamis pasca kejadian 11 siswanya meninggal saat acara susur sungai Pramuka di Sungai Cileueur, Cijeunjing, Ciamis, Sabtu (16/10/2021).
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Sebanyak 11 siswa MTs Harapan Baru, Ciamis dilaporkan meninggal dalam kegiatan susur sungai di Sungai Cileuer.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M Isom Yusqi meminta madrasah tidak gelar kegiatan berisiko tinggi.

Baca juga: 15 Sekolah Terbaik di Jawa Tengah Berdasarkan Nilai UTBK 2021

"Kita semua tentu berduka dan prihatin. Peristiwa yang menimpa siswa MTs Harapan Baru harus menjadi pelajaran. Madrasah jangan gelar giat ekstrakurikuler yang berisiko tinggi, apalagi jika SOP pengamanannya belum siap," kata Isom melansir laman Kemenag, Minggu (17/10/2021).

Dia mengaku, setiap kegiatan pendidikan harus menjamin aspek kesehatan dan keselamatan siswa.

Apalagi, lanjut Isom, saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19, pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) dibatasi maksimal 50 persen dan kegiatan ekstrakurikuler dilarang.

Ini sebagaimana diatur dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Mungkin kita perlu sosialisasikan ulang aturan yang sudah ada agar lebih dipahami," kata dia.

Tentang kejadian Ciamis, dia berharap tragedi itu menjadi yang terakhir.

Dia meminta Kepala Bidang Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi se-Indonesia untuk memberi perhatian khusus terhadap aspek kesehatan dan keselamatan siswa dalam kegiatan pendidikan di madrasah.

Baca juga: Nadiem Makarim: 80 Persen Orangtua Ingin Anaknya Jalani PTM Terbatas

Asal tahu saja, berdasarkan keterangan pihak madrasah, kegiatan pramuka merupakan agenda rutin mingguan di MTs Harapan Baru.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.