Kompas.com - 17/10/2021, 17:58 WIB
Ilustrasi rempah-rempah Indonesia. SHUTTERSTOCK/READNEOIlustrasi rempah-rempah Indonesia.
|

KOMPAS.com - Meski kasus Covid-19 mulai menurun, tetapi semua orang tetap waspada pada virus tersebut. Terlebih harus tetap menerapkan protokol kesehatan.

Tak hanya itu saja, menjaga kesehatan tubuh sangat penting. Caranya bisa rutin berolahraga atau bisa pula dengan mengonsumsi rempah-rempah.

Sebagai upaya menjaga kebugaran tubuh, maka saat ini banyak dijual minuman berbahan dasar rempah-rempah.

Baca juga: Tips Racik Minuman Rempah Peningkat Imun, Siswa Ayo Coba

Merangkum akun Instagram Kemendikbud Ristek, berikut ini 5 rempah populer dan manfaatnya bagi imunitas tubuh.

1. Jahe

Rempah yang satu ini bisa meredakan mual. Selain sering digunakan untuk menghangatkan tubuh, jahe juga mampu meredakan mual.

Satu gram jahe mampu meredakan mual yang biasanya disebabkan oleh morning sickness, mabuk perjalanan atau laut, dan kemoterapi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cancer Prevention Research (Phila) menyebutkan peradangan usus besar bisa dicegah dengan mengonsumsi 2 gram estrak jahe per hari. Ini jadi salah satu manfaat jahe.

2. Kayu manis

Rempah kayu manis memang bermanfaat sebagai pengendali gula darah. Rempah ini mengandung cinnamaldehyde, senyawa yang memiliki beragam khasiat untuk kesehatan.

Menurut studi yang dipublikasikan Journal of Agricultural and Food Chemistry, kandungan antioksidan yang terdapat di rempah ini bisa membantu melawan dan menurunkan:

  • kolesterol
  • trigliserida dalam darah

Baca juga: Siswa, Yuk Belajar Rempah Indonesia yang Kaya Manfaat

3. Kunyit

Sedangkan kunyit sebagai anti inflamasi. Senyawa kurkumin dalam kunyit memiliki efek antiradang, bahkan khasiat atau manfaat kunyit ini bisa disandingkan dengan obat antiradang lainnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.