Kompas.com - 16/10/2021, 11:11 WIB
Kandang ayam broiler 'close house' yang dihibahkan PT Charoen Pokphan Indonesia kepada Universitas Jenderal Soedirman, Kamis (14/12/2017) KOMPAS.com/IQBAL FAHMIKandang ayam broiler 'close house' yang dihibahkan PT Charoen Pokphan Indonesia kepada Universitas Jenderal Soedirman, Kamis (14/12/2017)
|

KOMPAS.com - Mahasiswa IPB University berinovasi membuat jamu khusus untuk ayam broiler. Tentu, jamu herbal ini sangat bermanfaat bagi ayam broiler.

Adapun inovasi itu merupakan bagian dari Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan. Program ini mendapat pendanaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Jamu yang diberi nama Jeko itu dikerjakan oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan yang terdiri dari Latifa Putri Fajr, Endi Juniardi, Dina Nurzuliana, Aryo Kurnia Ramadhan, dan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Manajemen yaitu Fadel Hafiz Akbar.

Baca juga: Webinar IPB: Jadi Entrepreneur Harus Siap Kerja Lebih Keras

Menurut Ketua Tim, Latifa Putri, jamu Jeko dibuat sebagai pengganti Antibiotic Growth Promotor (AGP) untuk pakan ternak ayam broiler.

Ia mengaku, jamu Jeko merupakan produk jamu ternak unggas yang berperan sebagai imbuhan pakan bagi ternak unggas khususnya ternak ayam broiler.

"Jamu Jeko merupakan kombinasi tanaman herbal jahe, meniran, kencur, dan sambiloto yang berperan dalam meningkatkan kualitas hidup dan mempercepat pertumbuhan pada ayam broiler," ujarnya dikutip dari laman IPB, Kamis (14/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dijelaskan, imbuhan pakan yang dibuat dalam bentuk Jamu Jeko ini berperan sebagai alternatif pengganti feed additive antibiotic growth promotors pada ayam broiler.

Dikatakan, jamu Jeko aman, efektif, efisien, serta memiliki harga yang terjangkau terutama bagi peternak mandiri. Produk ini dapat ditambahkan pada pakan dan air minum ayam broiler.

"Jamu Jeko dapat memberikan pengaruh positif terhadap kekebalan tubuh karena penyakit dan dapat sebagai pelengkap dari pakan yang diberikan peternak," imbuhnya.

Adapun jamu Jeko memiliki keunggulan seperti bahan yang digunakan berasal dari alam tanpa campuran bahan pengawet.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.