Kompas.com - 15/10/2021, 06:35 WIB
Selain menerapkan pola hidup sehat secara keseluruhan, memperhatikan kecukupan konsumsi sumber vitamin untuk daya tahan tubuh juga menjadi hal yang penting. SHUTTERSTOCKSelain menerapkan pola hidup sehat secara keseluruhan, memperhatikan kecukupan konsumsi sumber vitamin untuk daya tahan tubuh juga menjadi hal yang penting.
|

KOMPAS.com - Seseorang yang memiliki tubuh sehat tentu jiwanya juga harus sehat. Lantas, seperti apa jiwa sehat itu?

Memperingati ”World Mental Health Day” atau Hari Kesehatan Mental Sedunia, 10 Oktober, Rumah Sakit Akademik (RSA) Universitas Gadjah Mada (UGM) mengadakan Talkshow Kesehatan.

Tema yang dingkat ialah ‘Kesetaraan dalam Kesehatan Jiwa untuk Semua’ dengan menghadirkan dokter spesialis kesehatan jiwa dari RSA UGM, dr. Tika Prasetiawati.

Baca juga: RSA UGM: Segini Lho Asupan Cairan Normal Tubuh Setiap Hari

Webinar disiarkan melalui kanal Youtube Rumah Sakit Akademik UGM pada Selasa, (12/10/2021). Melalui kesempatan itu, dokter Tika mengajak untuk memahami kembali apa itu kesehatan jiwa.

Kriteria jiwa sehat

Melansir definisi dari World Health Organization (WHO), dokter Tika menuturkan terdapat empat kriteria yang harus dipenuhi agar seseorang dapat dikatakan memiliki jiwa sehat, yakni:

1. Ketahui potensi diri

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pertama, yang bersangkutan dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan dari dirinya atau mengetahui potensi diri.

2. Mampu atasi konflik

Kedua yang bersangkutan mampu mengatasi konflik dalam hidupnya. Tidak apa-apa jika tidak bisa menyelesaikan masalah secara langsung. Namun yang bersangkutan mempunyai kesadaraan akan dirinya, mampu atau tidak menyelesaikan masalah itu.

Jika tidak bisa maka dia akan meminta tolong kepada orang lain. Jika seseorang dapat berlaku seperti itu, maka dia mempunyai jiwa yang sehat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.