Misbah Fikrianto

Deputi Direktur Administrasi SEAMEO QITEP IN LANGUAGE, Kemendikbud Ristek.

Meningkatkan SDM Unggul dan Berkarakter lewat Pengembangan Talenta Terintegrasi

Kompas.com - 13/10/2021, 12:57 WIB
Pelaksanaan KSN 2021 jenjang SMA di Sekolah Indonesia Luar Negeri Singapura. Kemendikbud Ristek melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) kembali menggelar Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat provinsi. Untuk jenjang SMA, KSN 2021 dilaksanakan secara daring, mulai dari tanggal 13 hingga 16 September 2021. DOK. PUSPRESNAS/KEMENDIKBUD RISTEKPelaksanaan KSN 2021 jenjang SMA di Sekolah Indonesia Luar Negeri Singapura. Kemendikbud Ristek melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) kembali menggelar Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat provinsi. Untuk jenjang SMA, KSN 2021 dilaksanakan secara daring, mulai dari tanggal 13 hingga 16 September 2021.

KOMPAS.com - Membahas tentang sumber daya manusia merupakan topik strategis dan penting untuk mewujudkan bangsa Indonesia berdaya saing.

Dalam RPJMN 2020-2024 untuk menghasilkan masyarakat Indonesia mandiri, maju, adil, dan makmur dapat dicapai melalui percepatan pembangunan berbagai bidang yang saling mendukung satu sama lain.

Pembangunan sumber daya manusia berkualitas merupakan kunci untuk mencapai Indonesia Emas pada tahun 2045.

Mengutip berbagai pidato Presiden Joko Widodo, Manajemen Talenta menjadi salah satu kebijakan guna mendukung sumber daya manusia berkualitas. Jokowi mengatakan, Pemerintah akan mengidentifikasi, memfasilitasi serta memberikan dukungan pendidikan dan pengembangan diri bagi talenta-talenta Indonesia (Kompas.com).

Harapannya, semua lembaga saling mendukung dan menguatkan program pengembangan talenta terintegrasi berdasarkan peta jalan pengembangan talenta pada rancangan Kemenpanrb, yaitu: akuisisi, pengembangan, dan retensi.

Rancangan sumber daya manusia yang hendak dicapai adalah spesialis dan memiliki kompetensi professional.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada prosesnya pengembangan sumber daya manusia akan sesuai dengan sistem merit, yang akan dikumpulkan (talent pool) sesuai dengan pola karir dan proyeksi kepemimpinan yang strategis di masa depan.

Puspresnas dan Merdeka Belajar

Kebijakan Merdeka Belajar yang mendukung penyiapan sumber daya manusia yang unggul dan berkarakter, kita dukung dengan berbagai implementasinya. Kita harus memberikan contoh nyata, seperti melakukan pembinaan, pengembangan, dan berbagai upaya langsung ke siswa.

Baca juga: Kampus Merdeka, Prestasi, dan Manajemen Talenta Wujudkan SDM Unggul Berkarakter

Kemendikbud telah membentuk Pusat Prestasi Nasional (Permendikbud 45 Tahun 2019 dan diubah menjadi Permendikbudristek nomor 28 Tahun 2021 Pasal 297) yang mempunyai tugas melaksanakan penyiapan kebijakan teknis dan pelaksanaan di bidang pengembangan prestasi dan manajemen talenta.

Perluasan tusi dengan memadukan prestasi dan manajemen talenta ini menjadi program strategis untuk menyiapkan SDM unggul dan berkarakter. Program manajemen talenta dengan berbagai pendekatan dan bidangnya dapat mempercepat dan memfailitasi pembentukan SDM.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.