Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/09/2021, 12:19 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia melalui Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi meluncurkan rangkaian acara mempromosikan penggunaan positif media sosial, khususnya di kalangan generasi muda.

Sebagai bagian dari kampanye #MakinCakapDigital, program ini dirancang mempromosikan nilai positif media sosial, sekaligus menginspirasi kebaikan lewat media sosial. Rangkaian acara berlangsung pada 10 September 2021.

Acara melibatkan deretan pakar dan selebriti, seperti Marshanda, Nicholas Saputra, Cinta Laura, Ashilla Sikado, dan Benyamin Adhisurya.

Mengutip data Digital Civility Index tahun 2020, Indonesia menempati urutan terakhir di antara negara-negara lain di Asia Tenggara dalam tata karma berkomunikasi online.

Survei tersebut mengidentifikasi tiga risiko terbesar yang dihadapi Indonesia di ranah digital: hoaks, ujaran kebencian, dan diskriminasi. Lebih dari 47 persen warga Indonesia yang disurvei mengaku pernah terlibat dalam kekerasan online, dan 19 persen di antaranya mengaku menjadi sasaran kekerasan.

Seberapa berbahayakah cyberbullying? Efek dari pelecehan daring pada individu mungkin tidak terlihat di awal, tetapi dampaknya dapat dirasakan dalam waktu yang cukup lama.

Hal ini berpengaruh pada peningkatan tingkat depresi, penurunan tingkat pendidikan, peningkatan ketergantungan alkohol dan narkoba, hingga potensi bunuh diri.

"Media sosial sering dikaitkan dengan berbagai hal negatif, mulai dari masalah kesehatan mental hingga penipuan," ujar Anita Wahid, Wakil Ketua Umum Siberkreasi.

Anita Wahid menambahkan, "oleh karena itu, kami mengadakan rangkaian webinar dan program pendidikan yang mencakup tiga hal penting: kesehatan mental, literasi digital di kalangan siswa, dan bagaimana media sosial telah menghasilkan gerakan positif."

Baca juga: Pentingnya Cek Fakta, Kemenkominfo Ajak Masyarakat Perangi Cyberbullying dan Hoaks

Tiga pilar literasi media sosial Siberkreasi

Pilar pertama mengangkat isu kesehatan mental melalui sesi webinar, "Sehat di Media Digital." Selebriti Indonesia, Marshanda - yang menjadi sasaran cyberbullying saat remaja - dan Dr. Sandersan Onie, peneliti Kesehatan mental dalam pencegahan bunuh diri, diundang untuk berbicara di webinar tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com