Kompas.com - 18/09/2021, 10:36 WIB
Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat provinsi jenjang SMA/MA yang berlangsung tanggal 13-16 September 2021 berjalan lancar dan diiikuti 20 ribu lebih siswa dari 34 provinsi dan juga Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN). DOK. PUSPRESNASKompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat provinsi jenjang SMA/MA yang berlangsung tanggal 13-16 September 2021 berjalan lancar dan diiikuti 20 ribu lebih siswa dari 34 provinsi dan juga Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN).

KOMPAS.com -  Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat provinsi jenjang SMA/MA yang berlangsung tanggal 13-16 September 2021 berjalan lancar dan diiikuti 20 ribu lebih siswa dari 34 provinsi dan juga Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN).

Untuk pertama kalinya di tingkat provinsi sistem daring, Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) menggunakan metode proktoring (pengawasan) aplikasi zoom untuk menjaga kualitas pelaksanaan seleksi KSN-P.

Proktoring merupakan sebuah sistem pengawasan daring yang dilakukan dengan cara merekam aktivitas yang dilakukan oleh peserta ujian, baik layar komputer/gawai yang digunakan, maupun wajah peserta ujian.

Pihak Puspresna menjelaskan, sistem proktoring diaplikasikan pada KSN 2021 tingkat provinsi dengan tujuan memberikan kesempatan dan perlakuan sama kepada semua peserta di manapun mereka berada tinggal kegigihan dan keberhasilan mereka masing.

Selain itu, sistem ini diharapkan juga dapat memberikan rasa aman dan percaya diri kepada semua peserta, mendidik peserta KSN-P agar tetap jujur berkompetisi, untuk berprestasi dan mempunyai integritas yang tinggi.

Dalam sistem proktoring KSN-P 2021, setiap peserta wajib merekam dirinya menggunakan kamera pada saat pelaksanaan berlangsung yang akan diawasi melalui zoom oleh tim panitia KSN.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Dari Papua hingga Singapura, 20.577 Siswa SMA Ikuti KSN 2021 Provinsi

Prestasi dengan integritas

"Kita percaya sepenuhnya kepada adik-adik adalah generasi yang memiliki semangat untuk mewujudkan prestasi dengan penuh kebanggaan dan integritas," ungkap Pelaksana tugas (Plt.) Puspresnas, Asep Sukmayadi (15/9/2021).

"Kita percaya dan kita tunggu adik-adik berprestasi terus di tingkat nasional untuk terus bisa lanjut mewujudkan mimpi adik-adik menjadi juara di tingkat Internasional. Selamat mengikuti, tetap sehat, tetap semangat, selamat berprestasi!" ujarnya.

Berkaca pada pelaksanaan tahun lalu, pelayanan KSN-P tahun 2021 mengalami performa yang lebih baik, tercatat total persentase kehadiran peserta dari 9 bidang studi pada saat mengikuti tes yaitu 97.2 persen dibandingkan tahun lalu hanya mencapai 91.7 persen.

Beberapa provinsi dengan siswa terbanyak dalam pelaksanaan KSN-P 2021, di antaranya:

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.