Kompas.com - 16/09/2021, 12:39 WIB
Pelaksanaan KSN 2021 tingkat provinsi di SMAN Marau Papua. Kemendikbud Ristek melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) kembali menggelar Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat provinsi. Untuk jenjang SMA, KSN 2021 dilaksanakan secara daring, mulai dari tanggal 13 hingga 16 September 2021. DOK. PUSPRESNAS/KEMENDIKBUD RISTEKPelaksanaan KSN 2021 tingkat provinsi di SMAN Marau Papua. Kemendikbud Ristek melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) kembali menggelar Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat provinsi. Untuk jenjang SMA, KSN 2021 dilaksanakan secara daring, mulai dari tanggal 13 hingga 16 September 2021.

KOMPAS.com - Kemendikbud Ristek melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) kembali menggelar Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat provinsi. Untuk jenjang SMA, KSN 2021 dilaksanakan secara daring, mulai dari tanggal 13 hingga 16 September 2021.

Tahun ini, KSN tingkat provinsi diikuti sebanyak 20.577 siswa dari seluruh Indonesia, yang terbagi ke dalam 9 bidang studi.

Rincian jumlah peserta dan bidang lomba dalam KSN 2021 tingkat provinsi jenjang SMA adalah sebagai berikut:

  • Bidang Matematika sebanyak 1.199 siswa
  • Bidang Fisika sebanyak 1.955 siswa
  • Bidang Kimia sebanyak 1.484 siswa
  • Bidang Informatika sebanyak 2.006 siswa
  • Bidang Biologi sebanyak 2.205 siswa
  • Bidang Astronomi sebanyak 2.766 siswa
  • Bidang Ekonomi sebanyak 2.960 siswa
  • Bidang Kebumian sebanyak 2.886 siswa
  • Bidang Geografi sebanyak 3.116 siswa

Baca juga: Puspresnas Gelar FLS2N 2021 bagi Siswa Berkebutuhan Khusus

"Kita percaya sepenuhnya kepada adik-adik adalah generasi yang memiliki semangat untuk mewujudkan prestasi dengan penuh kebanggaan dan integritas," ungkap Pelaksana tugas (Plt.) Puspresnas, Asep Sukmayadi (15/9/2021).

"Kita percaya dan kita tunggu adik-adik berprestasi terus di tingkat nasional untuk terus bisa lanjut mewujudkan mimpi adik-adik menjadi juara di tingkat Internasional. Selamat mengikuti, tetap sehat, tetap semangat, selamat berprestasi!" ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Protokol kesehatan dan faktor kejujuran

Pelaksanaan KSN 2021 jenjang SMA di Sekolah Indonesia Luar Negeri Singapura. Kemendikbud Ristek melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) kembali menggelar Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat provinsi. Untuk jenjang SMA, KSN 2021 dilaksanakan secara daring, mulai dari tanggal 13 hingga 16 September 2021.DOK. PUSPRESNAS/KEMENDIKBUD RISTEK Pelaksanaan KSN 2021 jenjang SMA di Sekolah Indonesia Luar Negeri Singapura. Kemendikbud Ristek melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) kembali menggelar Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat provinsi. Untuk jenjang SMA, KSN 2021 dilaksanakan secara daring, mulai dari tanggal 13 hingga 16 September 2021.

Dalam pelaksanaan KSN Tingkat Provinsi secara daring, siswa melakukan ujian melalui alamat URL https://ksn.puspresnas.id/. Pada hari pertama (13/9), bidang yang dilombakan adalah Kebumian dan Matematika.

Hari Selasa dilombakan Astronomi dan Fisika, pada hari Rabu diujikan Geografi dan Informatika. Sedangkan hari Kamis diujikan Ekonomi, Biologi, dan Kimia.

Dari pelaksanaan seleksi tingkat provinsi ini, selanjutnya akan dijaring peserta KSN untuk tingkat nasional. “KSN tingkat nasional juga direncanakan berlangsung dengan format daring,” ungkap Asep.

Baca juga: Asah Literasi Sains, Puspresnas Gelar KNMIPA 2021 untuk Pendidikan Tinggi

Pada pelaksanaannya, peserta KSN mengerjakan soal-soal yang diujikan secara daring dan direkomendasikan pengerjaannya di sekolah kerena sekolah memiliki fasilitas yang mendukung seperti internet, komputer PC atau laptop.

Pelaksanaan KSN 2021 jenjang SMA di salah satu SMA Riau. Kemendikbud Ristek melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) kembali menggelar Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat provinsi. Untuk jenjang SMA, KSN 2021 dilaksanakan secara daring, mulai dari tanggal 13 hingga 16 September 2021.DOK. PUSPRESNAS/KEMENDIKBUD RISTEK Pelaksanaan KSN 2021 jenjang SMA di salah satu SMA Riau. Kemendikbud Ristek melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) kembali menggelar Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat provinsi. Untuk jenjang SMA, KSN 2021 dilaksanakan secara daring, mulai dari tanggal 13 hingga 16 September 2021.

 

Hal lain yang tak kalah penting yakni terkait dengan aspek kesehatan. Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung mewajibkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes). Tak terkecuali dengan penyelenggaraan KSN tahun ini.

“Seluruh pihak yang terlibat harus mematuhi protokol kesehatan,” tegas Asep.

“Oleh karena itu, untuk mendukung sistem pengawasan yang ketat, setiap peserta wajib merekam dirinya menggunakan kamera pada saat pelaksanaan berlangsung yang akan diawasi melalui Zoom oleh tim panitia KSN,” tambahnya menjelaskan terkait faktor keamanan dan kejujuran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.