Kompas.com - 16/09/2021, 13:36 WIB
Pelaksanaan penyisihan KSN 2021 tingkat SMP di NTT. Pelaksanaan seleksi KSN SMP tahap I dimulai tanggal 14-15 September 2021 secara daring melalui sistem aplikasi android yang sudah disiapkan Puspresnas. DOK. PUSPRESNAS/KEMENDIKBUD RISTEKPelaksanaan penyisihan KSN 2021 tingkat SMP di NTT. Pelaksanaan seleksi KSN SMP tahap I dimulai tanggal 14-15 September 2021 secara daring melalui sistem aplikasi android yang sudah disiapkan Puspresnas.

KOMPAS.com - Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Ristek menyelenggarakan babak penyisihan tahap I Kompeteisi Sains Nasional (KSN) jenjang SMP. Tahap ini diikuti 57.845 peserta dari 337 Kabupaten/Kota dan 3 negara Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN), yakni Arab Saudi, Malaysia, dan Mesir.

Sebagai dampak pandemi Covid-19, Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Puspresnas, Asep Sukmayadi mengimbau agar pelaksanaan seleksi KSN SMP Tahap 1 dilaksanakan di rumah masing-masing atau di sekolah dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

“Mengingat sebagian daerah masih menerapkan kebijakan PPKM, kami berharap Dinas Pendidikan, kepala sekolah dan orang tua untuk selalu mengawasi kesehatan peserta KSN SMP,” pesan Asep melalui rilis resmi, Selasa (14/9/2021).

Pelaksanaan seleksi KSN SMP babak penyisihan tahap I akan dimulai dari tanggal 14-15 September 2021 secara daring melalui sistem aplikasi android yang sudah disiapkan Puspresnas.

Baca juga: Dari Papua hingga Singapura, 20.577 Siswa SMA Ikuti KSN 2021 Provinsi

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Pada tanggal 14 September 2021 pada pukul 08.00 s.d. 09.30 WIB dilakukan seleksi bidang lomba Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan pukul 13.00 s.d. 14.30 WIB dilakukan seleksi bidang lomba Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Sedangkan pada tanggal 15 September 2021 pukul 08.00 s.d. 10.00 WIB dilakukan seleksi bidang lomba Matematika,” jelas Asep lebih lanjut.

Pelaksanaan penyisihan KSN 2021 tingkat SMP di Sekolah Indonesia Luar Negeri Jedah. Pelaksanaan seleksi KSN SMP tahap I dimulai tanggal 14-15 September 2021 secara daring melalui sistem aplikasi android yang sudah disiapkan Puspresnas.DOK. PUSPRESNAS/KEMENDIKBUD RISTEK Pelaksanaan penyisihan KSN 2021 tingkat SMP di Sekolah Indonesia Luar Negeri Jedah. Pelaksanaan seleksi KSN SMP tahap I dimulai tanggal 14-15 September 2021 secara daring melalui sistem aplikasi android yang sudah disiapkan Puspresnas.

Selanjutnya, Kapuspresnas menjelaskan peserta yang mengikuti seleksi KSN SMP babak penyisihan tahap I adalah tiga peserta terbaik yang mewakili sekolah untuk masing-masing bidang Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial.

“Dari 57.845 peserta yang mengikuti lomba untuk bidang Matematika sebanyak 19.168 orang, peserta yang mengikuti lomba bidang IPA sebanyak 19.509 orang, dan yang mengikuti lomba bidang IPS sebanyak 19.168 orang,” jelas Asep.

Puspresnas telah melakukan empat kali simulasi kepada peserta didik untuk melihat kondisi kendala peserta. Dengan begitu, panitia dapat mengevaluasi serta meminimalisir kendala peserta pada saat pelaksanaan seleksi berlangsung.

“Hasil yang diharapkan pada seleksi KSN SMP Babak Penyisihan tahap I tahun 2021 ini adalah terpilihnya lima peserta terbaik tingkat kabupaten/kota untuk setiap bidang lomba dan menetapkan peserta seleksi penyisihan tahap II untuk setiap bidang lomba,” tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.