Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tuan Rumah Pimnas 2021, Rektor: Pimnas Perkuat Reputasi Nasional USU

Kompas.com - 18/09/2021, 11:50 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Sumatera Utara (USU) menyatakan kesiapan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-34 tahun 2021 dan menjamu 2.200 mahasiswa dari 100 perguruan tinggi di Indonesia yang berkompetisi di ajang tersebut.

Pimnas akan digelar pada 26-30 Oktober 2021 secara daring dengan tujuh rangkaian kegiatan dan mengambil tema: "Menuju Indonesia Emas Melalui Kolaborasi untuk Inovasi dalam Bingkai Kearifan Lokal".

Tidak hanya itu, USU juga menjanjikan beasiswa S2 bagi mahasiswa USU peraih emas Pimnas 2021 dan akan diangkat sebagai dosen di USU.

Melalui rilis resmi (17/9/2021), Rektor USU Muryanto Amin menyatakan menjadi tuan rumah Pimnas 2021 merupakan kebanggan bagi pihak USU.

”USU bisa menjadi tuan rumah karena USU dipercaya mampu,” ungkap Rektor USU.

Ia berharap, pelaksanaan PIMNAS dapat berjalan lancar dan sukses hingga akhir, serta mampu mendorong para mahasiswa di Indonesia untuk lebih giat dalam berinovasi.

"Pimnas merupakan momentum untuk melahirkan banyak ilmuwan muda yang karyanya memiliki dampak bagi kebaikan masyarakat dan bangsa," tambah Muryanto.

Dalam kesempatan sama, Rektor USU juga meluncurkan maskot Pimnas ke-34 berupa seekor burung Beo Nias yang diberi nama ITO. ITO diambil dari “partuturan” dalam adat Batak yang merupakan panggilan pria kepada wanita atau sebaliknya yang berbeda jenis kelamin.

ITO memiliki arti lebih khusus yaitu merupakan akronim dari Intelligent, Tough and Outstanding, yang setiap unsurnya terlebur dalam penampilan maskot Pimnas ke-34. Di kegiatan tersebut juga diluncurkan logo, website dan Instagram resmi Pimnas ke-34.

Baca juga: Mahasiswa USU Jadi Duta Petani Milenial Kementan RI

USU targetkan juara umum

Ketua Pelaksana Harian Pimnas ke-34, Doli Muhammad Jafar Dalimunthe mengatakan, USU telah menyiapkan serangkaian acara dalam perhelatan tersebut, di antaranya; acara ramah tamah di Istana Maimoon, pembukaan Pimnas di pelataran Biro Rektor USU, pameran poster di gedung Pancasila USU dan kuliah umum yang direncanakan akan diisi oleh Menteri BUMN, Erick Tohir serta acara penjurian dan closing ceremony di Auditorium USU.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) diperlombakan meliputi bidang kewirausahaan , penelitian eksakta, penelitian sosial humaniora, karsa cipta penerapan teknologi, pengabdian masyarakat, gagasan tertulis dan gagasan futuristik konstruktif yang baru kali pertama digelar Pimnas.

“Estimasi jumlah peserta yang akan ikut dalam PIMNAS 34 kurang lebih 2.200 mahasiswa yang akan dibimbing oleh 700 dosen pendamping yang hadir secara daring dan 105 dewan juri yang diharapkan akan hadir secara luring,” kata Doli.

Ketua Umum Pimnas ke-34, Edy Ikhsan mengatakan, Pimnas merupakan tahap terakhir dari pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang menjadi wadah mempresentasikan dan saling berkomunikasi melalui produk kreasi intelektual.

“Kegiatan Pimnas ke-34 ini mendapat dukungan penuh dari Gubernur Sumatera Utara dan Wali Kota Medan. Pimnas adalah sarana untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa," ujar Edy Ikhsan.

Ia menambahkan, "dari 2.200 peserta PIMNAS, 36 mahasiswa peserta berasal dari USU. Target kita dalam Pimnas ini adalah meraih medali emas di semua kegiatan yang diperlombakan. Kita targetkan juara umumlah."

Baca juga: Dosen USU Inovasi Ecoprint Daur Ulang Tumbuhan

Edy juga berharap, Pimnas dapat mendorong reputasi USU di tingkat nasional dan juga internasional serta memperkuat atmosfer riset civitas akademica Universitas Sumatera Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com