Kompas.com - 14/08/2021, 15:07 WIB
Mahasiswa Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (USU), Muhammad Dava Warsyahdhana. DOK.Laman USUMahasiswa Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (USU), Muhammad Dava Warsyahdhana.
|

KOMPAS.com - Salah satu mahasiswa Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (USU) ini patut berbangga diri.

Pasalnya, Muhammad Dava Warsyahdhana terpilih menjadi salah seorang yang dilantik Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sebagai Duta Petani Milenial Kementerian Pertanian (Kementan) RI secara daring, Jumat (6/8/2021).

Diharapkan, Dava bersama Duta Petani Milenial (DPM) dan Duta Petani Andalan (DPA) lainnya untuk menjadi motor penggerak petani-petani milenial di daerah.

Baca juga: Dosen USU Inovasi Ecoprint Daur Ulang Tumbuhan

Menurut Dava, proses seleksi yang dilaluinya dalam pemilihan Duta Petani Milenial sangat ketat karena ada beberapa kriteria yang dinilai.

"Alhamdulillah, Dava sangat bersyukur bisa dikukuhkan menjadi bagian dari Duta Petani Milenial Kementerian Pertanian RI," ujarnya seperti dikutip dari laman USU.

Dijelaskan, generasi milenial merupakan bonus demografi Indonesia yang terus diberdayakan oleh pemerintah, salah satunya dalam sektor pertanian.

Duta Petani Milenial (DPM) berusia 17-39 tahun dan Duta Petani Andalan (DPA) berusia 39 tahun ke atas.

Adapun DPM/DPA ini dibentuk oleh Kementerian Pertanian dengan tujuan meningkatkan peran generasi muda dalam mengembangkan dan memajukan sektor pertanian.

DPM dan DPA memiliki bidang usaha yang sangat bervariasi seperti:

  • budidaya hortikultura
  • budidaya tanaman pangan
  • budidaya ternak
  • pengolahan hasil pertanian/peternakan/perkebunan
  • jasa alat mesin pertanian
  • agroeduwisata

Pendiri startup "Kita Pertanian"

Dava adalah sosok mahasiswa yang aktif dalam kegiatan pertanian dan merupakan founder startup yang dikenal dengan nama "Kita Pertanian".

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.