Kompas.com - 10/09/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi pikiran manusia Dierk Schaefer/FlickrIlustrasi pikiran manusia

KOMPAS.com - Virus Covid-19 selain mampu menyerang bagian pernafasan, ternyata juga mampu menyerang bagian otak.

Walaupun otak dilindungi oleh beberapa lapisan, penelitian mengungkapkan ternyata virus Covid-19 mampu menembus berbagai lapisan tersebut.

Fakta ini dikemukakan Dokter Spesialis Saraf RS Universitas Indonesia (UI), Pukovisa Prawiroharjo. Menurut Pukovisa, hal inilah yang kemudian menyebabkan seseorang pasca sembuh dari Covid-19 dapat mengalami masalah lupa, pikun, dan perilaku aneh.

“Intinya kalau ada masalah itu, baik pasca Covid-19 atau lainnya, jangan sampai dicuekin,” ujar Pukovisa, dilansir dari laman UI saat mengisi sebuah acara.

Gejala yang timbul pada bagian otak merupakan hal yang patut kita waspadai. Sebagai sumber sarana berpikir, otak berperan sebagai pusat kendali tubuh dan penyusun sistem saraf pusat.

Baca juga: Jurusan Kuliah di Universitas Indonesia yang Masuk Ranking Dunia 2021

Ia menegaskan untuk tidak menganggap sepele masalah atau gejala yang terjadi di otak. Dirinya menyayangkan sikap masyarakat yang menganggap masalah lupa, pikun, dan perilaku aneh pasca Covid-19 adalah hal yang biasa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada kenyataannya, otak juga merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh seseorang.

“Jadi pada intinya, masyarakat harus lebih peduli pada bagian otak bila menemukan masalah pada bagian tersebut. Hal ini dilakukan agar masalah pada bagian otak itu tidak menjalar ke bagian tubuh lainnya. Bila otak kita ada masalah, maka akan sulit untuk melihat bagian tubuh lain dengan normal dan baik, karena otak adalah pusat kendali tubuh,” ujarnya menjelaskan.

Ia bercerita bahwa ada beberapa rekan kerja sejawat, tenaga kesehatan lain, dan masyarakat yang ia tangani mengalami penurunan fungsi kognitif pasca sembuh dari Covid-19.

Ia mencontohkan, banyak rekan kerjanya sebelum Covid-19 dapat mengerjakan tugas di bawah tekanan dan deadline, namun pasca Covid-19 justru ada beberapa yang lupa bahwa ada tugas yang perlu diselesaikan.

Baca juga: 5 Negara Paling Santai di Dunia, Indonesia Peringkat Pertama

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.