Kompas.com - 23/07/2021, 11:59 WIB

KOMPAS.com - Tak hanya untuk merawat kecantikan kulit, tetapi body lotion berbahan daun kelor karya mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) juga bermanfaat untuk mencegah Covid-19. Mengapa bisa?

“Karena kandungan daun kelor seperti apilin, epicatechin dan hesperetin yang memiliki afinitas yang baik terhadap sisi aktif ACE2 (Angiotensin Converting Enzyme 2), dapat menghambat proses interaksi SARS-Cov-2. Selain itu, kolagen dari kulit ikan patin dapat dimanfaatkan untuk mencegah penuaan dini, mencegah keriput, melembabkan kulit dan menambah elastisitas kulit, ”kata Indri, salah satu pembuat body lotion ini dilansir dari laman resmi prasetya UB.

Indri tidak sendirian saat membuat body lotion ini. Ada lima mahasiswa Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (FPIK UB) terinspirasi membuat body Lotion yang mampu mencegah virus Covid-19.

Mereka adalah Dwi Fitria, Rani Elvira, Jamiilah Zahrotul Jannah, Kevin, dan Alfain Homis Fadil.

Baca juga: Cerita Siswi SMK Ranking Ke-33 di Kelas yang Lolos Masuk UI

Di bawah bimbingan Muhammad Fakhri, mereka membuat body Lotion tersebut karena terinspirasi dari maraknya penggunaan handsanitizer yang justru menyebabkan dehidrasi pada kulit sehingga menjadi kering.

Body lotion masih menjadi solusi bagi kebanyakan orang karena memiliki manfaat untuk melembabkan dan menutrisi kulit.

Namun, penggunaan bahan sintetis seperti butylated hydroxytoluene (BHT) dan paraben pada body lotion memiliki efek negatif dalam pemakaian jangka panjang dan terbukti dapat beracun serta bersifat karsinogenik.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, mereka membuat lotion tubuh dengan memanfaatkan kandungan flavonoid dalam daun kelor dan kulit Ikan Patin bernama Moristin.

Moristin merupakan produk perawatan kulit yang aman, sehat dan memberikan perlindungan yang lebih sekaligus tidak menimbulkan efek samping apabila digunakan secara rutin.

Bahan Moristin diformulasikan sebagai body lotion antiseptik yang kaya antioksidan.

Baca juga: Cerita Mahasiswa Unpad Sidang Skripsi Saat Terpapar Covid-19

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.