Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/07/2021, 11:59 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tak hanya untuk merawat kecantikan kulit, tetapi body lotion berbahan daun kelor karya mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) juga bermanfaat untuk mencegah Covid-19. Mengapa bisa?

“Karena kandungan daun kelor seperti apilin, epicatechin dan hesperetin yang memiliki afinitas yang baik terhadap sisi aktif ACE2 (Angiotensin Converting Enzyme 2), dapat menghambat proses interaksi SARS-Cov-2. Selain itu, kolagen dari kulit ikan patin dapat dimanfaatkan untuk mencegah penuaan dini, mencegah keriput, melembabkan kulit dan menambah elastisitas kulit, ”kata Indri, salah satu pembuat body lotion ini dilansir dari laman resmi prasetya UB.

Indri tidak sendirian saat membuat body lotion ini. Ada lima mahasiswa Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (FPIK UB) terinspirasi membuat body Lotion yang mampu mencegah virus Covid-19.

Mereka adalah Dwi Fitria, Rani Elvira, Jamiilah Zahrotul Jannah, Kevin, dan Alfain Homis Fadil.

Baca juga: Cerita Siswi SMK Ranking Ke-33 di Kelas yang Lolos Masuk UI

Di bawah bimbingan Muhammad Fakhri, mereka membuat body Lotion tersebut karena terinspirasi dari maraknya penggunaan handsanitizer yang justru menyebabkan dehidrasi pada kulit sehingga menjadi kering.

Body lotion masih menjadi solusi bagi kebanyakan orang karena memiliki manfaat untuk melembabkan dan menutrisi kulit.

Namun, penggunaan bahan sintetis seperti butylated hydroxytoluene (BHT) dan paraben pada body lotion memiliki efek negatif dalam pemakaian jangka panjang dan terbukti dapat beracun serta bersifat karsinogenik.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, mereka membuat lotion tubuh dengan memanfaatkan kandungan flavonoid dalam daun kelor dan kulit Ikan Patin bernama Moristin.

Moristin merupakan produk perawatan kulit yang aman, sehat dan memberikan perlindungan yang lebih sekaligus tidak menimbulkan efek samping apabila digunakan secara rutin.

Bahan Moristin diformulasikan sebagai body lotion antiseptik yang kaya antioksidan.

Baca juga: Cerita Mahasiswa Unpad Sidang Skripsi Saat Terpapar Covid-19

Serta mampu membuat kulit lembab dan sehat, melindungi dari sinar UV serta terhindar dari ancaman bakteri dan virus.

Untuk body lotion ini, kini ada tiga varian yang bisa dipilih. Ada aroma jeruk di varian Orange Fresh.

Lalu sensasi cokelat di Choco Melt, dan harum vanilla di varian Vanilla Sweet. Tentunya aroma ini, merupakan aroma kekinian yang cocok digunakan kapanpun.

Untuk kemasannya, dikemas dalam dua ukuran yaitu 250 ml dengan harga Rp 50.000 per botol dan 60 ml dengan harga Rp 15.000 per botol.

Cara membelinya juga mudah. Konsumen bisa mengecek online store yaitu Shopee melalui akun id @moristin.id. Lalu di platform Tokopedia dengam id akun moristin_id.

Selain platform untuk penjualan online, Moristin juga hadir dalam laman aktif Instagram (@moristin.id) agar para pembeli dapat mengetahui info terbaru dari produk tersebut.

Baca juga: Beasiswa BRI Peduli 2021 bagi Mahasiswa S1: Biaya Pendidikan dan Uang Saku

“Dengan hadirnya produk body lotion Moristin ini, diharapkan dapat menarik minat masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan dan menjaga diri di masa pandemi ini tanpa perlu khawatir akan efek samping dari penggunaan produk body lotion secara rutin,”kata Indri.

Selain itu, produk ini berhasil mendapatkan pendanaan riset dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Republik Indonesia dalam ajang Pekan Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan tahun 2021.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com