Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Manfaat Teh Bunga Telang dan Daun Lampes Inovasi Mahasiswa Unesa

Kompas.com - 31/08/2021, 10:15 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Indonesia kaya akan tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa penelitian juga membuktikan tanaman asli Indonesia bisa mencegah atau mengobati suatu penyakit.

Selain bisa mencegah dan mengobati penyakit, tanaman asli Indonesia juga memiliki khasiat menjaga daya tahan tubuh.

Hal ini penting dilakukan, terlebih dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini. Imunitas tubuh harus selalu dijaga agar tidak mudah terpapar penyakit.

Masyarakat pun kini makin sadar pentingnya menjaga daya tahan tubuh mereka. Upaya yang dilakukan pun bisa dengan berbagai cara. Mulai dari mengonsumsi suplemen vitamin atau membuat minuman herbal dengan memanfaatkan tanaman obat yang bisa dengan mudah diperoleh.

Baca juga: Mahasiswa UB Ciptakan Pelet Kelinci Bergizi Tinggi dari Rumen Sapi

Racik teh dari bunga telang dan daun lampes

Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) meracik minuman teh khusus dari bunga Telang dan daun Lampes. Kombinasi ini diharapkan bisa mencukupi kebutuhan imunitas tubuh selama pandemi Covid-19.

Produk yang diberi nama Telam Tea itu merupakan hasil karya mahasiswa prodi Ilmu Pengetahuan Alam dan prodi Ekonomi Unesa. Kandungan dua bahan tersebut salah satunya dipercaya mampu meningkatkan imunitas tubuh.

Ketua Tim Pengembangan Telam Tea Khofifah Indar Parawangsa mengatakan, dua bahan tersebut memiliki banyak kandungan dan khasiat untuk kekebalan tubuh. Beberapa kandungan yang terdapat dalam dua bahan utama teh ini yakni kalsium, zinc, zat besi, klorofil, dan vitamin A, C, dan K.

"Dari berbagai kandungannya itu menjadikan bahan tersebut mampu meningkatkan imunitas tubuh," urai Khofifah seperti dikutip dari laman Unesa, Senin (30/8/2021).

Baca juga: Langka di Indonesia, Jurusan Kriminologi Hanya Ada di 3 Kampus Ini

Manfaat bagi tubuh

Selain meningkatkan imunitas tubuh, bahan yang terkandung dalam teh ini juga memberikan beberapa manfaat lainnya, seperti:

1. Antioksidan alami

2. Mengobati radang

3. Mencegah kanker

4. Mengatasi batuk

5. Mengobati cacingan

6. Gondok

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com