Kompas.com - 30/08/2021, 10:00 WIB
Ilustrasi garis polisi. THINKSTOCKIlustrasi garis polisi.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Banyak sekali film atau drama bertema investigasi terhadap suatu kasus kejahatan. Jika tertarik dengan film atau drama bergenre investigasi atau kejahatan, jurusan di perguruan tinggi ini tentu pernah kamu dengar?

Di jenjang perguruan tinggi, ada salah satu jurusan di rumpun Soshum yakni jurusan Kriminologi.

Mau tahu lebih banyak tentang jurusan Kriminologi? Di mana saja bisa kuliah jurusan Kriminologi dan bagaimana prospek kedepannya? Yuk simak informasi berikut ini.

Dilansir dari laman akupintar.id, Minggu (29/8/2021), jurusan Kriminologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kejahatan dan penyebabnya di masyarakat.

Alih-alih ilmu sains, Kriminologi adalah ilmu sosial yang berfokus pada penelitian tentang jenis, penyebab, hingga pengendalian kejahatan.

Baca juga: 16 Artis Indonesia Lulusan UI, Ada Nicholas Saputra

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kriminologi ilmu sosial yang multidisiplin

Dalam Kriminologi ada Ilmu Sosiologi, Antropologi, Ekonomi, Biologi, Sejarah, Geografi, Politik, Filsafat, Psikologi, dan Psikiatri. Selain itu, ketika memilih menekuni jurusan ini, kamu akan mempelajari teknik-teknik penyelidikan tindak kriminal.

Selain penelitian sosial, mahasiswa jurusan Kriminologi juga belajar tentang rekam sidik jari, reka ulang perkara, olah TKP, bahkan jejak darah.

Namun yang lebih penting, kuliah jurusan Kriminologi membuat mahasiswanya belajar tentang kejahatan dan bagaimana mengendalikannya berdasarkan pada penelitian empiris.

Pemahaman, penjelasan, perkiraan, pencegahan, hingga kebijakan peradilan pidana tentang kejahatan diperoleh dari penelitian kriminologi.

Baca juga: Dosen UII Beberkan 5 Tips Mengelola Keuangan bagi Generasi Muda

Mata kuliah di jurusan Kriminologi

Beberapa mata kuliah yang ditemui mahasiswa jurusan Kriminologi, antara lain:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.