Kompas.com - 31/08/2021, 09:00 WIB
Ilustrasi air putih YSedovaIlustrasi air putih
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Untuk menjaga tubuh tetap bugar, selain makan makanan sehat dan bergizi, banyak minum air putih juga sangat dianjurkan.

Minum air putih menjadi sangat penting karena sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Selain itu konsumsi air putih dibutuhkan agar organ tubuh bisa bekerja dengan maksimal.

Jika seseorang kurang minum air putih bisa mengakibatkan dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh.

Namun masih banyak masyarakat yang belum menyadari pentingnya minum air putih minimal 2,5 liter setiap hari.

Baca juga: Mahasiswa UB Ciptakan Pelet Kelinci Bergizi Tinggi dari Rumen Sapi

Alat untuk ingatkan seseorang agar minum air putih

Tim mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (Itera) membuat inovasi berjudul "Iot-Based Automatic Smart Water Pump To Support Human Water Intake As A Means of Campaigning For Healthy Living" atau sebuah prototipe alat pengingat seseorang untuk mengonsumsi air dalam beraktivitas.

Tim yang terlibat dalam inovasi ini yakni Abdul Khanafy, Ahmad Yusup Maulana, Boyke Iskandar, Dewi Nur Azizah dan Irmayuni.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gagasan para mahasiswa ini berhasil meraih medali perunggu dalam ajang Word Youth Invention and Innovation Award tahun 2021 di bidang teknologi yang diselenggarakan Indonesia Young Scientist Association (IYSA) beberapa waktu lalu.

IYSA merupakan salah satu lembaga yang memfasilitasi para pelajar Indonesia dalam mengembang potensi di bidang keilmuan baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Baca juga: ITS Berhasil Masuk Nominasi THE DataPoints Social Impact Award

Masyarakat kurang menjaga pola hidup sehat

Abdul Khanafy mengatakan, penelitian ini dibuat karena masih banyak masyarakat, termasuk kalangan anak muda kurang menjaga pola hidup sehat. Salah satunya minum air putih yang cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

"Padahal apabila dibiarkan secara terus menerus akan mengakibatkan dehidrasi dan daya tahan tubuh menurun," terang Abdul Khanafy seperti dikutip dari laman Itera, Senin (30/8/2021).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.