Kompas.com - 16/08/2021, 17:30 WIB
|

KOMPAS.com - Selama ini, banyak diantara lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) yang memilih menjadi pegawai atau karyawan suatu perusahaan.

Padahal, sekarang dunia entrepreneur sedang berkembang. Bahkan banyak pula pemilik suatu perusahaan yang bukan lulusan sarjana.

Agar lulusan UGM tak melulu bekerja di perusahaan incaran, maka UGM berupaya menyiapkan lulusan yang juga siap menjadi entrepreneur.

Baca juga: Doktor Baru UGM Ini Lakukan Penelitian Pengobatan Kanker

Ide dan gagasan itu kemudian diambil oleh Pusat Kajian Kepemudaan atau Youth Studies Centre (YouSure) Fisipol UGM yang menyelenggarakan suatu even menarik mengenai entrepreneur, yakni Sociopreneur Muda Indonesia (Soprema).

Menurut Ketua Pelaksana Soprema 2021, Hempri Suyatna, Soprema yang bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI ini hadir dengan tema “Inovasi Sociopreneur Muda dalam Kebangkitan Bangsa di Masa Pandemi Covid-19”.

Wadah ide wirausaha sosial

Dijelaskan, Soprema berupaya untuk mewadahi dan memfasilitasi ide wirausaha sosial, khususnya oleh pemuda, di tengah pandemi Covid-19.

Atau, sociopreneur adalah konsep bisnis yang tidak hanya mementingkan keuntungan saja, tapi juga bisa berdampak untuk lingkungan sekitar.

Diharapkan, melalui penyelenggaraan Soprema tahun ini dapat mendorong kebangkitan ekonomi dan bisnis sosial yang saat ini lesu akibat pandemi Covid-19.

"Ini adalah penyelenggaraan keenam. Tahun ini konteksnya masih mengenai pandemi Covid-19," ujar Hempri pada Press Conference dan Peluncuran Soprema 2021 secara daring, Senin (16/8/2021).

Dalam sambutannya, Rektor UGM, Prof. Panut Mulyono mengapresiasi kegiatan ini. Sebab, kegiatan ini mampu melibatkan pemuda untuk belajar dan terlibat langsung pada kegiatan kewirausahaan.

Baca juga: Akademisi UGM: Perkerasan Jalan Aspal atau Beton Perlu Pertimbangan Matang

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.