Kompas.com - 30/07/2021, 18:25 WIB
Ilustrasi laboratorium SHUTTERSTOCKIlustrasi laboratorium
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Di masa pandemi Covid-19, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) terus berupaya menciptakan ruang belajar dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Dengan harapan ruang belajar tersebut dapat diakses semua kalangan selama menjalankan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19.

Direktur Sekolah Dasar Kemendikbud Ristek Sri Wahyuningsih menjelaskan, Kemendikbud Ristek telah menghadirkan aplikasi pembelajaran berbasis teknologi informasi.

Teknologi ini telah dikembangkan sejak 2011 yang dikenal dengan Rumah Belajar. Aplikasi ini merupakan portal pembelajaran berbasis situs web yang berisi berbagai macam metode pembelajaran.

Baca juga: 6 Keunggulan Varietas Padi IPB 3S, Pulen dan Tahan Penyakit

Aplikasi pembelajaran berbasis teknologi informasi

Menurut Sri Wahyuningsih, melalui aplikasi pembelajaran ini, sumber belajar kelas maya dapat diakses orangtua, guru di sekolah, peserta didik dan masyarakat

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ada aplikasi terbaru yang diberi nama Pustaka Maya. Aplikasi ini adalah layanan pustaka digital dengan berbagai topik bahan belajar yang dapat diakses melalui internet," kata Sri Wahyuningsih dalam webinar bertajuk ‘Yuk Kenali Laboratorium dan Perpustakaan Maya: Cara Belajar Interaktif dan Menarik’ yang dikutip dari laman Direktorat SD Kemendikbud Ristek, Jumat (30/7/2021)

Selain itu juga ada laboratorium maya yang memiliki daya tarik tersendiri. Bentuknya seperti laboratorium riil yang digunakan dalam aktivitas pembelajaran ataupun penelitian secara ilmiah. Portal ini hadir untuk memperkuat literasi sains.

"Ini merupakan upaya konkrit pemerintah dalam menyiapkan Profil Pelajar Pancasila untuk anak-anak kita yang menjadi elemen penting untuk mempersiapkan generasi unggul di masa yang akan datang," ungkap dia.

Baca juga: BUMA Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan S1-S2, Buruan Daftar

Mempermudah siswa dalam praktikum

Sementara itu Guru IPA Sekolah Lentera Kasih Makassar Ainun Najib Alfatih menceritakan pengalamannya setelah menggunakan laboratorium maya yang disediakan Kemendikbud Ristek.

Menurut dia, dalam situasi pandemi ini, guru ditantang untuk tetap bisa memberikan proses belajar mengajar yang maksimal.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.