Kompas.com - 30/07/2021, 13:59 WIB
Ilustrasi mahasiswa SHUTTERSTOCKIlustrasi mahasiswa
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kamu punya impian bisa menempuh pendidikan di Jepang? Program beasiswa Global Scientist and Engineers Program (GSEP) 2022 dari Tokyo Institute of Technology ini bisa membantumu mewujudkan impian tersebut.

Melalui program beasiswa ini, kamu bisa mendapatkan gelar Bachelor of Engineering lho. Beasiswa ini terbagi menjadi beasiswa penuh yang dibiayai Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains, dan Teknologi (MEXT) dan beasiswa dengan biaya pribadi.

Dilansir dari laman www.titech.ac.jp, Jumat (30/7/2021), berikut cakupan dan persyaratan GSEP yang diperlukan untuk mengikuti program ini. Yuk simak bersama.

Baca juga: 6 Keunggulan Varietas Padi IPB 3S, Pulen dan Tahan Penyakit

Persyaratan peserta beasiswa

1. Peserta bukan warga negara Jepang.

2. Peserta harus berasal dari negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Jepang. Peserta lahir pada 2 April 1997 atau setelahnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

3. Peserta dari luar negeri harus sudah atau akan menyelesaikan 12 tahun pendidikan di sekolah reguler. Atau lulus dari sekolah yang setara dengan Japanese High School sebelum tiba di Jepang.

4. Peserta yang diterima harus tiba di Jepang antara 1 April dan 7 April 2022 yang ditunjuk oleh MEXT.

5. Peserta yang diterima harus mendapatkan Visa Mahasiswa (ryugaku) sebelum tiba di Jepang.

Baca juga: BUMA Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan S1-S2, Buruan Daftar

 

6. Peserta yang mengubah jenis visa selain Visa Mahasiswa saat tiba di Jepang tidak akan diterima sebagai penerima beasiswa MEXT sejak tanggal visa tersebut diubah.

7. Peserta yang masuk dalam kondisi berikut ini, tidak memenuhi syarat untuk menerima beasiswa MEXT. Apabila peserta terdeteksi termasuk kedalam kondisi berikut setelah dinyatakan lolos seleksi, maka peserta harus mengundurkan diri sebagai penerima beasiswa:

  • Peserta dari keluarga militer atau Pegawai Negeri Sipil di saat tiba di Jepang atau selama menjadi penerima beasiswa.
  • Peserta yang tidak dapat tiba di Jepang pada periode yang sudah ditentukan oleh MEXT.
  • Peserta yang menerima Japanese Government (MEXT) Scholarship.
  • Peserta yang mendaftar pada program lain dimana beasiswa akan diberikan oleh Japanese Government (MEXT).

Baca juga: Siswa, Perhatikan Tips Sebelum dan Sesudah Terima Vaksin Covid-19

  • Peserta yang terdaftar di universitas Jepang dengan Visa Mahasiswa (ryugaku), atau yang terdaftar atau dijadwalkan untuk terdaftar di universitas Jepang sebagai siswa internasional yang dibiayai secara pribadi sejak awal pemberian beasiswa ini. Namun, ini tidak berlaku untuk mahasiswa internasional yang saat ini membiayai sendiri kuliahnya di universitas Jepang dan akan menyelesaikan studi, serta kembali ke negaranya sebelum akhir Maret 2022.
  • Peserta yang berencana untuk menerima beasiswa dari sebuah organisasi selain dari Japanese Government (seperti organisasi pemerintah di negara peserta) setelah periode beasiswa MEXT dimulai.
  • Peserta yang akan lulus tapi tidak dapat memenuhi persyaratan akademik yang dipersyaratkan.
  • Peserta yang sudah merencanakan, pada saat waktu pendaftaran, untuk melakukan kegiatan penelitian di luar Jepang (seperti magang, bekerja lapang, dll) atau mengambil absen jangka panjang.

Baca juga: Sinarmas Mining Buka Lowongan Kerja bagi Fresh Graduate, Daftar Disini

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.