Kompas.com - 25/07/2021, 17:44 WIB
Pengumuman resmi penerimaan akreditasi A Pendidikan Profesi Guru UNJ disampaikan setelah hasil visitasi asesmen lapangan oleh BAN-PT yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Conference, pada tanggal 7?8 Mei 2021. DOK. UNJPengumuman resmi penerimaan akreditasi A Pendidikan Profesi Guru UNJ disampaikan setelah hasil visitasi asesmen lapangan oleh BAN-PT yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Conference, pada tanggal 7?8 Mei 2021.

KOMPAS.com - Program profesi dari Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) secara resmi berhasil mengantungi akreditasi A Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Pengumuman resmi akreditasi ini disampaikan setelah hasil visitasi asesmen lapangan oleh BAN-PT yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Conference, pada tanggal 7–8 Mei 2021.

Akreditasi A PPG UNJ ini diperkuat dengan Keputusan BAN-PT No. 9552/SK/BAN-PT/Akred/PP/VII/2021, yang menyatakan Pendidikan Profesi Guru (PPG) UNJ memenuhi syarat peringkat Akreditasi A dengan nilai 367 dari total nilai maksimun 400.

Akreditasi berlaku sejak tanggal 14 Juli 2021 sampai dengan 14 Juli 2026.

“Harapan saya melalui pemerolehan peringkat Akreditasi A bagi PPG UNJ, dapat mendorong PPG UNJ untuk terus-menerus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi sehingga dapat bersifat kondusif dalam upaya mendukung visi UNJ menjadi Universitas yang bereputasi di Kawasan Asia”, tutur Prof. Arita, Ketua PPG UNJ.

Rasa bangga juga disampaikan Rektor UNJ, Prof. Komarudin atas capaian prestasi akreditasi yang diraih oleh PPG UNJ. "Saya sangat senang dan bangga atas kerja keras tim PPG UNJ yang dilakukan selama ini hingga akhirnya meraih akreditasi A," ungkap Prof. Komarudin.

Lebih lanjut Prof. Komarudin menambahkan bahwa dengan diraihnya akreditasi A oleh PPG UNJ, diharapkan dapat turut meningkatkan prestasi UNJ yang unggul dan bereputasi di kawasan Asia, ujar Prof. Komarudin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tim asesor BAN-PT yang melaksanakan Asesmen Lapangan terdiri atas Prof. Zuhdan Kun Prasetyo, (Universitas Negeri Yogyakarta) dan Darmansyah (Universitas Negeri Padang).

Baca juga: Aplikasi Ini Bantu Orangtua-Guru Efektifkan Pembelajaran Daring

Hingga saat ini instrument akreditasi yang baru untuk jenjang profesi, yakni APS 4.0 dengan 9 kriteria masih dalam proses pengembangan oleh BAN-PT. Instrumen akreditasi PPG yang ada saat ini merupakan hasil pengembangan oleh BAN-PT sejak Tahun 2009.

Dengan demikian penjaminan mutu eksternal program PPG UNJ oleh BAN-PT dilakukan melalui akreditasi menggunakan 7 standar, sehingga peringkat akreditasi yang keluar ialah A yaitu setara dengan peringkat unggul pada instrument baru. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.