Kompas.com - 25/07/2021, 11:54 WIB
Sejumlah sekolah memberikan praktik baik pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di sekolah untuk mencegah penularan Covid-19. Tangkap layar laman Ruang Guru Paud Kemendikbud Ristek.Sejumlah sekolah memberikan praktik baik pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di sekolah untuk mencegah penularan Covid-19.
|

KOMPAS.com - Ada banyak perubahan selama pandemi Covid-19. Terlebih di dunia pendidikan, pola pengasuhan hingga interaksi anak dan remaja berubah.

Terlebih dengan adanya sistem pembelajaran daring, secara tidak disadari, sistem pendidikan daring dan pembatasan sosial berpotensi munculnya beragam risiko baru bagi anak maupun remaja.

Mulai dari kurangnya relasi sosial, kesehatan mental, tingkat kekerasan tinggi, hingga permasalahan gizi kesehatan.

Baca juga: Beasiswa Anak Pegawai UGM, Ini Syaratnya

Terkait hal itu, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM menggelar kegiatan webinar Postgraduate Symposium 2021, Sabtu (24/7/2021).

Tentu tujuannya untuk mengantisipasi keterputusan tumbuh kembang anak di masa pandemi Covid-19. "Anak-anak menjadi kelompok rentan terdampak pandemi Covid-19," ujar Dekan FK-KMK UGM, Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., PhD., seperrti dikutip dari laman FK UGM.

Menurutnya, ada beberapa hal yang dampak pandemi bagi anak-anak, yakni:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Pertama, dampak tumbuh kembang anak dalam proses pendidikan menjadi tidak optimal.

Seperti halnya pendidikan jarak jauh yang mengharuskan anak-anak belajar di rumah dengan pendampingan orang tua, tanpa pembekalan dan seringkali dilakukan di sela kesibukan pekerjaan mereka.

2. Kedua, dampak ekonomi yang membuat anak-anak rentan mengalami keterbatasan asupan nutrisi untuk pertumbuhan.

Dikatakan, data zona risiko Covid-19 Kabupaten/Kota di Indonesia per 21 Juli 2021 menunjukkan bahwa 72 persen wilayah harus menerapkan pembelajaran jarak jauh karena masuk zona merah risiko Covid-19.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.