Kompas.com - 16/07/2021, 05:27 WIB
Tampilan MPLS online di SMPN 1 Pandak Bantul DIY melalui blog sekolah. DOK.SMPN 1 Pandak BantulTampilan MPLS online di SMPN 1 Pandak Bantul DIY melalui blog sekolah.
|

KOMPAS.com - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di wilayah DIY berjalan lancar. Beragam program dikenalkan pada siswa baru di Tahun Pelajaran 2021/2022 ini.

Karena beragam program atau profil sekolah tersebut, membuat siswa menjadi penasaran dan tak sabar ingin masuk ke sekolah barunya.

Kendati demikian, semua masih terkendala pandemi Covid. Hingga MPLS tahun ini masih digelar secara daring. Seperti halnya di beberapa sekolah di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Baca juga: Yuk Tengok Program Adiwiyata SMAN 1 Godean DIY di Tengah Pandemi

Menurut Waka Sarpras dan Humas SMPN 4 Depok Kabupaten Sleman DIY, Lilik Mardiningsih, M.Pd., MPLS di sekolahnya digelar secara daring selama tiga hari, Senin-Rabu (12-14/7/2021).

Namun menariknya, MPLS hari pertama di SMPN 4 Depok diadakan kursus singkat bagi siswa baru. Tujuannya agar siswa bisa beradaptasi dengan lingkungan SMP.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Masuk SMP tentu berbeda dengan SD. Maka siswa kami beri kursus singkat. Termasuk kami tes 4 mata pelajaran," ujar Lilik kepada Kompas.com, Kamis (15/7/2021).

Adapun 4 mata pelajaran itu yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA. Ini adalah pre test bagi siswa baru di sekolah tersebut.

Dikatakan, pre test ini untuk mengetahui kemampuan siswa di tiap mata pelajaran tersebut. Dari tes itu kemudian dianalisa dan dikelompokkan siswa yang lemah tiap mata pelajaran akan mendapat bimbingan dari guru mapel.

"Tujuannya tentu untuk meningkatkan prestasi siswa di sekolah ini. Bahkan nanti juga ada post test," katanya.

Selain itu, sekolah tersebut juga mengenalkan profil sekolah, program, perkenalan guru, fasilitas dan kegiatan ekstra kurikuler.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.