Kompas.com - 15/07/2021, 11:33 WIB
Para siswa baru SMPN 1 Pandak Bantul DIY saat ikut MPLS Tahun Pelajaran 2021/2022. DOK.SMPN 1 Pandak BantulPara siswa baru SMPN 1 Pandak Bantul DIY saat ikut MPLS Tahun Pelajaran 2021/2022.
|

KOMPAS.com - Pada Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Pelajaran 2021/2022 di SMPN 1 Pandak Bantul DIY, sekolah tersebut memaksimalkan layanan dengan berbagai cara.

Tak hanya melalui grup WA, Youtube hingga Zoom, tetapi salah satu sekolah yang berada di Kabupaten Bantul DIY tersebut juga menggunakan laman (website) resmi serta blog sekolah.

"Karena masih dalam kondisi PPKM Darurat, maka MPLS tahun ini digelar secara daring," ujar Kepala SMPN 1 Pandak Dr. Titik Sunarti Widyaningsih, M.Pd., kepada Kompas.com, Kamis (15/7/2021).

Baca juga: Orangtua Siswa Berharap PTM Terbatas Segera Digelar, Ini Alasannya

Menurutnya, model daring bisa dilakukan dengan berbagai cara. Untuk itulah dia ingin memaksimalkan model daring agar semua pesan dan materi di MPLS bisa sampai pada siswa maupun orangtua/wali siswa.

Sebagai contoh, sebelum pelaksanaan MPLS pihaknya dalam hal ini masing-masing wali kelas membuat grup Whatsapp (WA).

Selanjutnya, informasi awal dari grup WA tersebut. Termasuk memberikan info bagaimana cara menggunakan aplikasi Zoom meeting bagi yang belum paham.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ada beberapa orangtua yang belum paham menggunakan Zoom meeting, maka kami ada pembekalan pada orangtua pada Minggu (11/7/2021). Semua tata cara atau petunjuknya kami sampaikan secara rinci," kata Titik.

Petunjuk itu, lanjut Titik, berupa informasi tertulis yang disampaikan melalui WA tentang langkah-langkah menggunakan aplikasi zoom seperti cara chat, menyalakan atau mematikan video dan audio.

Sementara cara lain ialah dengan memanfaatkan blog mengenai pelaksanaan MPLS di SMP tersebut. Seperti info MPLS, jadwal, panduan dan beberapa video.

Dikatakan Titik, MPLS di sekolahnya diikuti sebanyak 220 siswa baru kelas 7. Selama pelaksanaan tiga hari, Senin-Rabu (12-14/7/2021) semua berjalan dengan lancar.

Baca juga: Imbas PPKM Darurat, Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah di DIY Digelar Daring

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.