Kompas.com - 06/07/2021, 12:56 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Baterai kancing atau button battery memiliki ukuran sangat kecil ternyata mematikan jika tertelan.

Beberapa waktu lalu, seperti diberikan oleh BBC News, seorang balita di Inggris meninggal dunia setelah tidak sengaja menelan baterai remote control.

Baca juga: UU ITE Dianggap Batasi Masyarakat, Ini Kata Guru Besar Unair

Peristiwa memilukan itu mendapatkan tanggapan dari Dokter Spesialis Anak sekaligus Dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair) Andy Darma.

Menurut Andy, baterai kancing bila tersangkut di kerongkongan dan tidak segera dikeluarkan dalam 3-4 jam dapat menyebabkan perforasi hingga masalah yang lebih serius.

"Baik pada anak-anak maupun orang dewasa, jika tertelan, baterai kancing dapat menyebabkan electrical burn hingga perforasi (lubang pada organ yang disebabkan oleh luka)," ucap dia melansir laman Unair, Selasa (6/7/2021).

Andy memaparkan, jika tertelan, kandungan lithium pada baterai bukanlah hal utama yang dikhawatirkan.

Melainkan potensi electrical current atau luka bakar yang disebabkan arus listrik yang dapat menyebabkan kerusakan fatal.

Bahkan, sambungnya, baterai kancing bekas yang tidak lagi bermuatan listrik dapat menimbulkan kerusakan yang lebih dahsyat dari pada baterai jenis lainnya.

"Baterai kancing 3 volt itu sudah tidak berfungsi bila voltase tinggal 1.5 volt. Padahal dengan voltase 1.2 V saja sudah cukup untuk menyebabkan luka bakar internal," jelas dia.

Baca juga: Dosen Itera Teliti Tanaman Nyamplung sebagai Bahan Dasar Kosmetik

Sementara itu, kata Andy, baterai kancing adalah kasus yang paling sering ditemukan pada anak ketika endoskopi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.