Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/07/2021, 12:32 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam kegiatan belajar mengajar (KBM), guru memiliki peran penting, baik guru sekolah dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Karena peran penting inilah, guru juga harus beradaptasi dengan metode pendidikan yang perlu dilakukan di era digitalisasi seperti saat ini.

Selain keahlian dan kecakapan mengajar, guru juga perlu melek dan cakap digital. Kemampuan ini penting agar guru dapat beradaptasi dengan kemajuan teknologi yang ada sekarang.

Apalagi anak-anak di era saat ini sudah terbiasa beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital.

"Sekolah dasar merupakan pondasi dan tonggak yang harus benar-benar dipersiapkan. Karena itu guru tidak boleh asal-asalan, tidak boleh asal mengajar, tidak boleh asal anak didik bisa membaca dan menulis saja," ungkap Direktur Sekolah Dasar, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Sri Wahyuningsih seperti dikutip dari laman Direktorat SD Kemendikbud Ristek, Selasa (6/7/2021).

Baca juga: Dosen Itera Teliti Tanaman Nyamplung Sebagai Bahan Dasar Kosmetik

Bimbing siswa siap berdaya saing

Menurut Sri, guru harus benar-benar memahami bagaimana membentuk anak yang siap berdaya saing.

Sejauh ini, pemerintah terus melakukan berbagai rencana dan strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Sri mengungkapkan, strategi yang diambil pemerintah, antara lain:

1. Bagaimana meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan yang berpusat kepada perkembangan peserta didik.

"Ini menjadi komitmen kita bersama untuk menyiapkan generasi unggul di masa yang akan datang," ujarnya.

2. Strategis terhadap agenda pembangunan SDM yang berkualitas dan berdaya saing.

Sri menjelaskan, peran guru menjadi tonggak perubahan di satuan pendidikan melalui penguasaan minimal 6 literasi dasar yang harus diterapkan kepada peserta didik. Khususnya di jenjang sekolah dasar.

Baca juga: Daftar Prodi Paling Ketat S1 dan D4 Jalur CBT UM UGM 2021

3. Meningkatkan pemerataan layanan pendidikan berkualitas.

"Ini perlu kita upayakan dengan serius, supaya seluruh anak bangsa berkesempatan mendapat layanan pendidikan berkualitas. Kewenangan pengelolaan pendidikan ada pada pemerintah daerah sesuai dengan Undang-undang Otonomi Daerah," beber Sri Wahyuningsih.

Untuk meningkatkan pemerataan layanan pendidikan berkualitas, kehadiran PGSD sangat penting. Lulusan PGSD diyakini memiliki kualitas yang baik, sehingga bisa memberikan kualitas pembelajaran yang baik kepada anak-anak didiknya. PGSD ikut andil meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Tantangan dalam mengembangkan pendidikan

Sementara itu Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar Rachmadi Widdiharto menambahkan, dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kemendikbud Ristek tahun 2020-2024 dijelaskan ada tiga poin besar yang menjadi tantangan bagaimana pendidikan harus dikembangkan.

Baca juga: Deteksi Covid-19 Metode Kumur, Begini Penjelasan Peneliti Undip

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com