Kompas.com - 05/07/2021, 21:11 WIB
Tangkapan layar video saat sejumlah pembeli berebut tumpukan susu beruang di supermarket. screenshootTangkapan layar video saat sejumlah pembeli berebut tumpukan susu beruang di supermarket.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Belakangan ini sebagian masyarakat mengalami panic buying terhadap susu beruang. Masyarakat berspekulasi bahwa susu itu dapat menjadi penangkal bahkan obat bagi virus Covid-19.

Adanya fenomena itu, Dosen IPB Epi Taufik angkat bicara. Dia menegaskan, susu bukan obat maupun vaksin.

Baca juga: Pakar IPB: Takaran Terbaik Makan Sayur dan Buah untuk Lawan Covid-19

Menurut dia, susu merupakan bahan pangan seperti lainnya yang memiliki sumber nutrisi bagi tubuh.

Sumber nutrisi ini, kata dia, bermanfaat dalam menjaga proses metabolisme, meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah inflamasi.

"Oleh karena itu, konsumsi susu dapat membantu menjaga kondisi fisiologis tubuh dan meningkatkan imunitas tubuh untuk mencegah infeksi Covid-19," ucap Epi melansir laman IPB, Senin (5/7/2021).

Dia mengaku, susu beruang itu adalah salah satu jenis susu steril.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam konteks kandungan nutrisinya, susu itu tidak berbeda nyata dengan jenis susu steril maupun UHT dari merek-merek lain.

Perbedaannya, dia menyebut, biasanya pada bahan baku atau formulasi susu steril maupun UHT.

"Kita bisa menemukan di pasar, ada merek susu dengan 100 persen berbahan baku susu segar, ada juga merek susu yang menggunakan bahan tambahan lain seperti susu bubuk skim, laktosa maupun penstabil," ucap pria yang juga menjabat sebagai Kepala Divisi Ternak, Fakultas Peternakan IPB.

Biasanya, susu mengandung komponen makronutrien seperti protein, karbohidrat dan lemak. Susu juga mengandung mineral, vitamin dan mikronutrien lainnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.