Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkom University Jadi Satu-satunya Kampus Indonesia di Peringkat THE YUR 2021

Kompas.com - 28/06/2021, 10:39 WIB

KOMPAS.com - Lembaga pemeringkatan kampus dunia, Times Higher Education (THE) kembali merilis daftar THE Young University Rankings 2021.

THE Young University Rankings merupakan pemeringkatan kampus dunia berdasarkan rentang usia universitas kurang dari atau 50 tahun, mencakup perguruan tinggi terbaik dunia yang didirikan antara tahun 1971 hingga 2021, dan pada tahun ini mencakup 475 universitas dari seluruh dunia.

Pemeringkatan THE Young University Rankings 2021 disusun berdasarkan beberapa indikator antara lain adalah teaching (pembelajaran), research (penelitian), citations (sitasi/kutipan), international outlook (pandangan internasional), serta industry income.

Baca juga: 9 Perguruan Tinggi BUMN Buka Beasiswa Kuliah 100 Persen, Yuk Daftar

Dari 475 perguruan tinggi dunia yang berasal dari 68 negara, Telkom University menjadi satu satunya perguruan tinggi di Indonesia yang masuk dalam daftar peringkat THE Young University Ranking 2021, di mana Tel-U berhasil menempati peringkat 401+.

Dalam indikator penilaian tersebut Telkom University berhasil meraih skor teaching 17.1, research 12.6, citations 22.2, international outlook 15.5, serta industry income 33.8.

Rektor Telkom University, Prof. Adiwijaya mengungkapkan rasa bangga dan terima kasih kepada seluruh sivitas akademika Telkom University yang tidak henti hentinya membawa nama harum Telkom University tidak hanya di Indonesia tapi di dunia.

“Kali ini sebagai satu satunya kampus di Indonesia yang masuk ke dalam jajaran peringkat dunia, merupakan suatu kebanggaan bagi kami (Tel-U) bisa membawa nama harum negara Indonesia di dunia, dan bisa berkontribusi bagi bangsa," jelasnya seperti dirangkum dari laman Telkom University, Senin (28/6/2021).

Baca juga: 4 Kampus Swasta Terbaik Indonesia Versi THE Impact Rankings 2021

Berdiri pada 14 Agustus 2013, Telkom University juga berhasil menduduki peringkat 1001+ dunia dalam pemeringkat THE World University Ranking, Tel-U menjadi satu satunya PTS yang yang masuk 9 besar bersanding dengan universitas terbaik di Indonesia yang semuanya adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Telkom University juga meraih predikat PTS terbaik di Indonesia dua tahun berturut turut yakni pada 2019 dan 2020.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+