Kompas.com - 27/06/2021, 11:00 WIB
Sekolah dapat mengimplementasikan pembelajaran berbasis project (Project Based Learning) untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, bermakna, meningkatkan rasa keingintahuan yang tinggi dan critical thinking dan kolaboratif. Tangkap layar Instagram Kemdikbud RistekSekolah dapat mengimplementasikan pembelajaran berbasis project (Project Based Learning) untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, bermakna, meningkatkan rasa keingintahuan yang tinggi dan critical thinking dan kolaboratif.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah mengeluarkan Panduan Pembelajaran Pauddikdasmen di Masa Pandemi Covid-19.

Panduan ini bisa diterapkan masing-masing satuan pendidikan menjelang pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas pada tahun ajaran baru mendatang.

Sesuai pernyataan Mendikbud Ristek Nadiem Makarim, dalam pembelajaran di masa pandemi Covid-19, orangtua memiliki hak untuk memilih.

Apakah anaknya diizinkan mengikuti PTM Terbatas atau tetap mengikuti PJJ. Jika sekolah sudah melaksanakan PTM terbatas ada alternatif pembelajaran yang dapat digunakan agar dapat mengurangi risiko penularan Covid-19.

Baca juga: ITS Terima 3.061 Calon Maba Jalur SKMP, Ini 3 Jurusan Paling Diminati

Optimalkan pembelajaran di luar  kelas

Yaitu dengan mengoptimalkan pembelajaran di luar kelas atau dengan Project Based Learning. Project Based Learning ini juga efektif diterapkan dalam PJJ.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sekolah dapat memanfaatkan pembelajaran di luar kelas untuk mengoptimalkan sirkulasi udara. Anak-anak juga akan merasa lebih nyaman dalam belajar.

Selain itu sekolah dapat mengimplementasikan pembelajaran berbasis project (Project Based Learning).

Baca juga: Kisah Ririn Susanti, Anak Buruh Tani Raih IPK Tertinggi di UNY

Manfaat project based learning

Pembelajaran berbasis project ini mendatangkan beberapa manfaat, seperti:

1. Menciptakan pembelajaran yang menyenangkan

2. Lebih bermakna

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.