Kompas.com - 26/06/2021, 20:11 WIB
Ririn Susanti dari prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi UNY yang merupakan anak seorang buruh tani berhasil meraih IPK tertinggi jenjang S1 sebesar 3,93. Tangkap layar laman UNYRirin Susanti dari prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi UNY yang merupakan anak seorang buruh tani berhasil meraih IPK tertinggi jenjang S1 sebesar 3,93.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kisah-kisah inspiratif sangat bermanfaat dibaca orang untuk menumbuhkan semangat mereka. Dengan membaca kisah inspiratif, membuat seseorang tidak mudah putus asa mengejar mimpinya.

Termasuk saat seseorang mungkin sedang merasa down atau putus asa tidak bisa masuk ke perguruan tinggi negeri incarannya. Seperti kisah salah satu wisudawan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini.

Meski berasal dari keluarga yang sangat sederhana, Ririn Susanti bisa membuktikan dirinya dengan meraih IPK tertinggi sebesar 3,93 dari prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi UNY.

Gadis asal Klangkapan, Margoluwih, Seyegan, Sleman ini mengaku sempat berpikir dua kali tentang niatnya melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

"Saya menyadari bahwa biaya untuk melanjutkan ke perguruan tinggi tidaklah sedikit," kata Ririn seperti dikutip dari laman UNY, Sabtu (26/6/2021).

Baca juga: UMSB Buka Lowongan Kerja Jadi Dosen dan Karyawan, Buruan Daftar

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anak dari seorang buruh tani

Orangtuanya, Bawon Saseno merupakan seorang buruh tani dan ibunya Wasiyah juga tidak pernah merasakan bangku perkuliahan.

Ririn menungkapkan, sebagai mahasiswa Bidikmisi sudah sewajarnya dia harus mempertahankan performa akademik.

Selain itu Ririn juga berkomitmen untuk berkontribusi positif dalam berbagai kegiatan di luar perkuliahan.

Ririn mengaku, IPK yang diperoleh adalah salah satu wujud dari tanggung jawab moral kepada negara yang telah membiayai studi.

"Saya aktif berorganisasi merupakan langkah untuk memberikan sumbangsih dan berkontribusi bagi lingkungan sekitar," kata Ririn seperti dikutip dari laman UNY, Sabtu (26/6/2021).

Baca juga: LPS Buka Lowongan Kerja bagi S1, Ini Syarat dan Link Pendaftarannya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.