Kompas.com - 25/05/2021, 09:32 WIB
Para siswa Indonesia peraih medali pada ajang Asian Physics Olympiad (APhO) ke-21 di Taiwan. DOK.Pribadi Hendra KweePara siswa Indonesia peraih medali pada ajang Asian Physics Olympiad (APhO) ke-21 di Taiwan.
|

KOMPAS.com - Prestasi kembali diukir oleh siswa Indonesia di ajang internasional. Walau dunia saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19, tetapi prestasi terus berjalan.

Kali ini, satu anggota Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) berhasil meraih medali emas dengan nilai tertinggi ketiga dari total 181 peserta.

Ini diraih pada ajang Asian Physics Olympiad (APhO) yang berasal dari 23 negara/teritorial.

Baca juga: Siswa Indonesia Raih Perfect Score di Olimpiade Kazakhstan

Bahkan salah satu anggota tim yakni Peter juga menjadi peraih nilai tertinggi kedua di bidang eksperimen dengan nilai terpaut 0,2 poin dari nilai tertinggi.

Adapun proses seleksi, pembinaan dan pelatihan dilakukan oleh Yayasan Sinergi Mencerdaskan Tunas Negeri (Simetri) secara daring.

Pimpinan tim Indonesia adalah Hendra Kwee, Ph.D., Herry Kwee, Ph.D., Zainul Abidin, Ph.D. dan Jong Anly Tan, Ph.D.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Hendra Kwee, APhO ke-21 diselenggarakan secara daring dari 17–24 Mei 2021. Secara keseluruhan, Indonesia meraih:

  • 1 medali emas
  • 3 medali perak
  • 1 medali perunggu
  • 3 Honorable Mention

"Penyelenggara APhO tahun ini adalah National Taiwan Normal University dengan dukungan dari Kementerian Pendidikan beserta Kementerian Sains dan Teknologi Taiwan," ujar Hendra dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Selasa (25/5/2021).

Baca juga: Indonesia Raih Emas dan Perak di Olimpiade Fisika Eropa, Simak Infonya

Untuk peserta APhO tahun ini adalah Azerbaijan, Hong Kong, Indonesia, Israel, Jepang, Kazakhstan, Kirgizstan, Macau, Malaysia, Moldova, Mongolia, Rumania, Rusia, Saudi Arabia, Singapura, Taiwan (2 tim), Tajikistan, Thailand, Uni Emirat Arab, Uzbekistan dan Vietnam.

APhO ke-21 ini merupakan olimpiade tingkat Asia pertama yang diselenggarakan secara daring. Semua peserta olimpiade dikumpulkan di satu lokasi di masing-masing negara untuk mengikuti tes dalam pengawasan dua orang yang ditunjuk oleh penyelenggara Taiwan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.