Kompas.com - 24/05/2021, 20:38 WIB
Webinar ?Strategi Peningkatan Literasi membaca dan Menulis? (23/5/2021) dengan narasumber utama, Misbah Fikrianto sebagai Deputi Direktur Seameo Qitep in Language (SEAQIL). DOK. SEAQILWebinar ?Strategi Peningkatan Literasi membaca dan Menulis? (23/5/2021) dengan narasumber utama, Misbah Fikrianto sebagai Deputi Direktur Seameo Qitep in Language (SEAQIL).

KOMPAS.com - Penguatan literasi menjadi benang merah dalam momentum rangkaian peringatan Hari Pendidikan Nasional (2 Mei), Hari Buku Nasional (17 Mei) dan juga Hari Kebangkitan Nasional (20 Mei).

Isu penting ini diangkat SEAMEO Regional Centre for Quality Improvement of Teachers and Education Personnel (QITEP) in Language (SEAQIL), sebuah pusat regional yang didirikan Southeast Asia Ministers of Education (SEAMEO) pada 13 Juli 2009.

SEAQIL memiliki komitmen memajukan sumber daya manusia unggul dan berkarakter.

Terkait hal itu, SEAQIL menggelar pameran yang berlangsung tanggal 21-23 Mei 2021, termasuk di dalamnya mengadakan webinar yang mengangkat tema “Strategi Peningkatan Literasi membaca dan Menulis” (23/5/2021).

Hadir sebagai narasumber utama, Misbah Fikrianto sebagai Deputi Direktur Seameo Qitep in Language (SEAQIL) yang mengembangkan gagasan perubahan dalam meningkatkan literasi membaca dan menulis dengan pendekatan sistem dan kerja sama.

Baca juga: Seberapa Penting Literasi Baca Tulis? Siswa Wajib Paham

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Peran serta semua pihak

Dalam kesempatan tersebut Misbah menekankan pentingnya dukungan semua pihak dalam memajukan literasi.

Misbah menyampaikan ada beberapa langkah yang dapat dilakukan dalam penguatan literasi, antara lain: dorongan kebijakan yang lebih spesifik terhadap peningkatan literasi, serta program pelaksanaan literasi di sekolah melalui kegiatan ekstrakurikuler.

Lebih jauh ia menjelaskan, program pelaksanaan literasi di sekolah tersebut dapat dilakukan dengan tahapan penyadaran, pembiasaan, dan pembudayaan. 

Selain itu, penguatan literasi, tambah Misbah, juga dapat dilakukan dengan kampanye literasi guna memberikan sosialisasi dan dorongan kepada pendidik, tenaga kependidikan, orangtua, pelajar, dan pemangku kepentingan.

 

"Peran dan kontribusi semua pihak diseluruh wilayah Indonesia menjadi langkah strategis untuk mempercepat peningkatan literasi," tegas Misbah melalui rilis resmi (24/5/2021).

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.