Kompas.com - 21/05/2021, 10:00 WIB
Ilustrasi sekolah tatap muka. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi sekolah tatap muka.

KOMPAS.com - Setahun lebih, siswa menjalani program Belajar dari Rumah (BDR) akibat pandemi Covid-19. Namun, kini pemerintah siap menjalankan  Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara bertahap.

Pedoman pelaksanaan PTM tertuang dalam SKB 4 Menteri Nomor 04/KB/2020 yang disusun demi menciptakan kualitas pembelajaran yang lebih baik dan mendukung tumbuh kembang anak.

Melansir dari Instagram  Paudpedia, pada prinsipnya, kebijakan pendidikan di masa pandemi tidak terlepas dari dua prinsip utama, yakni:

  • Kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat merupakan prioritas utama dalam menetapkan kebijakan pembelajaran.
  • Tumbuh kembang peserta didik dan kondisi psikososial juga menjadi pertimbangan dalam layanan pendidikan di masa pandemi covid-19.

Baca juga: Kemendikbudristek: Sekolah Tatap Muka Juli, Orangtua Berhak Memilih

Demi terciptanya PTM yang tetap menjalankan dua prinsip utama tersebut, ada beberapa daftar periksa yang perlu dipenuhi. Berikut daftar periksa PTM di satuan pendidikan :

Ketersediaan sarana sanitasi dan kebersihan

Sarana sanitasi dan kebersihan di satuan pendidikan adalah aspek penting dalam pencegahan Covid-19. Beberapa sarana yang harus ada di satuan pendidikan yang hendak menjalankan PTM di antaranya, toilet bersih dan layak, sarana cuci tangan yang memiliki sabun/hand sanitizer dan air mengalir, serta disinfektan.

Mampu mengakses fasilitas pelayanan kesehatan

Satuan pendidikan yang hendak menjalankan PTM harus berada di daerah yang memiliki fasilitas kesehatan memadahi. Pastikan di sekitar lokasi satuan pendidikan terdapat fasilitas kesehatan seperti Puskesmas, Klinik, dan Rumah Sakit. Hal ini demi mengantisipasi permasalahan kesehatan yang dialami peserta didik dan tenaga kependidikan saat sedang berada di sekolah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Targetkan 17,9 Juta Siswa, Ini Cara Daftar KIP Sekolah SD-SMA 2021

Kesiapan menerapkan wajib masker

Masker merupakan komponen penting dalam pencegahan penyebarluasan Covid-19. Satuan pendidikan yang hendak menjalankan PTM harus memiliki komitmen untuk menerapkan protokol kesehatan, khususnya wajib masker.

Selain itu penggunaan masker juga harus sesuai standar pencegahan Covid-19, yakni masker medis maupun masker kain yang berlapis.

Memiliki alat pengukur suhu thermogun

Semua elemen di satuan pendidikan yang hendak menjalankan PTM harus dalam kondisi sehat. Salah satu cara mendeteksi kondisi kesehatan yakni dengan mengukur suhu tubuh. Maka dari itu, satuan pendidikan perlu memiliki thermogun atau thermometer tembak untuk memastikan semua peserta dan tenaga pendidik dalam kondisi sehat.

Memiliki pemetaan tentang warga satuan pendidikan 

  • Setiap satuan pendidikan wajib mengetahui semua warga satuan pendidikan apakah memiliki penyakit bawaan (comorbid) tidak terkontrol
  • Tidak memiliki akses transportasi yang aman
  • Memiliki riwayat perjalanan dari daerah dengan risiko Covid-19 tinggi atau riwayat kontak dengan orang positif Covid-19 dan belum selesai isolasi mandiri

Pemetaan ini dilakukan demi mencegah potensi penularan Covid-19 dari sumber-sumber yang tidak terdeteksi sebelumnya.

Baca juga: Mendikbud: Tiga Aktivitas Ini Dilarang Selama Sekolah Tatap Muka

Mendapatkan persetujuan komite sekolah/perwakilan orang tua dan wali

Pelaksanaan PTM harus menyesuaikan dengan situasi daerah satuan pendidikan dan kesepakatan bersama setiap pihak terkait.

Pelaksanaan PTM hanya bisa dilakukan jika sudah mendapatkan persetujuan dari orang tua/wali peserta didik. Demi kebaikan bersama, satuan pendidikan perlu memperhatikan pertimbangan-pertimbangan yang diberikan oleh setiap pihak yang terlibat dalam proses pembelajaran.



25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X