Kompas.com - 09/05/2021, 12:53 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Bagi sebagian masyarakat, tanaman seperti alang-alang, krokot serta rumput gandum dipandang sebagai tanaman liar dan tanaman penggangu.

Tetapi bocah kelas V SD ini mampu mengolah tumbuhan liar tersebut menjadi minuman yang enak dan berkhasiat.

Prabu Panendya Firdaus Putra Aglar, pembuat minuman ini menamakan minumannya bernama teh Alotgan. Siswa yang merupakan murid di SD Labschool Unesa 2 Lidah Wetan mengatakan istilah Alotgan merupakan gabungan huruf dari nama bahan dasar yang digunakan, yakni alang-alang (AL), krokot (OT), dan rumput gandum (GAN).

Berkat inovasinya, siswa yang akrab disapa Prabu ini berhasil lolos dalam seleksi Pangeran dan Lingkungan Hidup 2021 untuk siswa SD yang diadakan oleh Tunas Hijau.

Cerita dibalik pembuatan teh ini, berawal saat Prabu beserta guru pendampingnya melihat lingkungan sekolah yang banyak ditumbuhi alang-alang dan krokot. Tanaman tersebut sering diabaikan dan tidak dimanfaatkan untuk sesuatu yang berguna.

“Jadinya sering dibersihkan lalu dibuang. Karena penasaran, kita coba teliti, dan ternyata tanaman tersebut banyak manfaatnya,” kata Prabu dilansir dari laman unesa.ac.id

Hasil penelitian yang ia lakukan bersama guru pendamping, bahan dasar teh Alotgan memiliki banyak kandungan, seperti antioksidan, antimikroba, antiinflamasi, Omega 3 yang tinggi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 4 Bahan Dasar Menu Buka Puasa Penurun Kolesterol hingga Antikanker

“Khasiatnya bisa untuk menurunkan kolesterol dan menyeimbangkan kadar gula darah,” tukasnya.

Selain memanfaatkan tanaman yang tumbuh liar tersebut, Prabu coba menanam alang-alang, krokot dan rumput gandung memanfaatkan pekarangan rumah dan sekolah.

Hingga saat ini, ia sudah membuat 100 pcs lebih teh Alotgan untuk kepentingan promosi dan pengujian. Promosi yang sudah ia lakukan tidak hanya melalui sosial media saja, tetapi beberapa kali juga terjun langsung ke masyarakat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X