Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Bahan Dasar Menu Buka Puasa Penurun Kolesterol hingga Antikanker

Kompas.com - 23/04/2021, 17:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Untuk melepas haus dan lapar saat adzan maghrib berkumandang di bulan puasa, ada baiknya memilih menu yang manis dan segar.

Jika bisa, pilihlah menu berbuka puasa yang menunya berbahan dasar alami dan baik bagi kesehatan.

Misalnya, mengandung buah-buahan yang kaya vitamin, atau makanan berbuka puasa yang tak hanya manis dan mengenyangkan namun juga mengandung asupan yang baik bagi tubuh.

Untuk pilihan bahan dasar menu berbuka, laman Instagram Disdik Jabar merangkum beberapa makanan dan minuman yang mengandung bahan alternatif pilihan yang baik bagi tubuh.

Baca juga: Peneliti IPB Temukan Minuman Penurun Gula Darah Berbasis Rempah

Honje (kecombrang)

Bunga kecombrang (Etlingera elatior) adalah tanaman tahunan dengan ketinggian satu sampai tiga meter. Merupakan tumbuhan tahunan berbentuk terna, di mana bunga, buah, serta bijinya bisa dimanfaatkan sebagai bahan sayuran.

Bunga ini memiliki aroma yang unik. Bunga kecombrang mengandung anti oksidan tang disebut flavonoid sehingga sangat baik menjaga sel tubuh. Karena anti oksidan yang tinggi, kecombrang dikenal sebagai tanaman anti kanker.

Kecombrang juga enak dijadikan sebagai campuran sambal hingga hidangan tumis. Sambal yang dibuat dengan campuran kecombrang akan menghasilkan sensasi rasa yang nikmat.

Daun jeruk purut (citrus x hystrix DC)

Tumbuhan ini, merupakan tumbuhan perdu yang dimanfaatkan buah dan daunnya untuk bumbu penyedap masakan.

Buah berbentuk bulat, kecil, berwarna hijau tua, dengan kulit tebal dikenal juga sebagai jeruk limau atau kaffir lime.

Baca juga: Peneliti IPB: Tanaman Herbal Ini Berkhasiat Redakan Asam Urat

Daun jeruk purut pun bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku minuman yang menyehatkan bagi tubuh.

Pala (myristica fragrans)

Tanaman ini memiliki cita rasa manis dan pedas yang khas. Buahnya bisa dijadikan manisan, sedangkan biji pala digunakan sebagai penyedap makanan.

Buah pala juga bisa digunakan sebagai bahan minuman segar. Manfaatnya, bisa memberikan karena memiliki kandungan protein, karbohidrat, minyak atsiri, sodium, kalsium, vitamin (A, C, B1) , Asam oleanolat, dan lainnya.

Biji pala, biasanya dikeringkan untuk dijadikan rempah, juga bisa diekstrak untuk menghasilkan minyak pala.

Pala juga bermanfaat jadi obat-obatan tradisional. Dalam dosis rendah, pala bisa digunakan untuk mengurangi kembung perut, meningkatkan daya cerna dan selera makan, diare, muntah, dan mual. 

Baca juga: Lowongan Kerja Miwon Indonesia untuk Lulusan D3-S1

Klepon

Kue berwarna hijau ini pasti sudah tidak asing lagi. Makanan yang berbalut kelapa parut ini memiliki kandungan gizi tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan juga. Sangat pas dijadikan pembuka puasa.

Bahkan, bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Klepon yang berisi gula merah dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sedangkan pewarna hijau alami dalam klepon, yang berasal dari perasan air daun suji mengandung klorofil, flavonoid, alkaloid, dan polifenol yang mampu menurunkan kolesterol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com