Kompas.com - 23/04/2021, 17:00 WIB
Ilustrasi rias atau kecombrang. SHUTTERSTOCK/ARIYANI TEDJOIlustrasi rias atau kecombrang.

KOMPAS.com - Untuk melepas haus dan lapar saat adzan maghrib berkumandang di bulan puasa, ada baiknya memilih menu yang manis dan segar.

Jika bisa, pilihlah menu berbuka puasa yang menunya berbahan dasar alami dan baik bagi kesehatan.

Misalnya, mengandung buah-buahan yang kaya vitamin, atau makanan berbuka puasa yang tak hanya manis dan mengenyangkan namun juga mengandung asupan yang baik bagi tubuh.

Untuk pilihan bahan dasar menu berbuka, laman Instagram Disdik Jabar merangkum beberapa makanan dan minuman yang mengandung bahan alternatif pilihan yang baik bagi tubuh.

Baca juga: Peneliti IPB Temukan Minuman Penurun Gula Darah Berbasis Rempah

Honje (kecombrang)

Bunga kecombrang (Etlingera elatior) adalah tanaman tahunan dengan ketinggian satu sampai tiga meter. Merupakan tumbuhan tahunan berbentuk terna, di mana bunga, buah, serta bijinya bisa dimanfaatkan sebagai bahan sayuran.

Bunga ini memiliki aroma yang unik. Bunga kecombrang mengandung anti oksidan tang disebut flavonoid sehingga sangat baik menjaga sel tubuh. Karena anti oksidan yang tinggi, kecombrang dikenal sebagai tanaman anti kanker.

Kecombrang juga enak dijadikan sebagai campuran sambal hingga hidangan tumis. Sambal yang dibuat dengan campuran kecombrang akan menghasilkan sensasi rasa yang nikmat.

Daun jeruk purut (citrus x hystrix DC)

Tumbuhan ini, merupakan tumbuhan perdu yang dimanfaatkan buah dan daunnya untuk bumbu penyedap masakan.

Buah berbentuk bulat, kecil, berwarna hijau tua, dengan kulit tebal dikenal juga sebagai jeruk limau atau kaffir lime.

Baca juga: Peneliti IPB: Tanaman Herbal Ini Berkhasiat Redakan Asam Urat

Daun jeruk purut pun bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku minuman yang menyehatkan bagi tubuh.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X